Kamis, 13 September 2012

MENEMANI ANAK : MEMBUAT BLOG DARI-OLEH-UNTUK KELUARGA





Menemani Anak : Membuat Blog Keluarga

Bagi Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak yang ingin membuat kegiatan yang dapat dilakukan bersama-sama oleh seluruh anggota keluarga, membuat blog keluarga yang berisi foto-foto keluarga dilengkapi dengan ulasan / artikel merupakan kegiatan yang mudah, menyenangkan, dan bermanfaat.

Benar, bahwa istilah mudah, menyenangkan, dan bermanfaat itu bersifat relatif alias satu orang / keluarga dengan orang / keluarga lain berbeda-beda. Dan supaya ada gambaran nyata, saya akan memberikan contoh-contoh nyata lengkap dengan harganya. Karena itu, mohon ini jangan dilihat sebagai promosi merek tertentu, karena saya memang tidak dibayar untuk promosi oleh merek apapun juga.

----------

Mudah. Istilah ini saya pakai, karena sekarang ini banyak keluarga yang sudah punya kamera yang ada kamera-nya. Kamera memang diperlukan untuk membuat foto, karena foto memang menjadikan sebuah blog lebih mudah dibuat dan lebih indah. Dengan adanya foto, ulasan / artikel lebih bersifat sebagai penjelasan atas foto itu. Ini (berdasarkan pengalaman saya dalam memberikan bimbingan / kursus dan konsultasi kepada banyak sekali keluarga / perorangan) adalah jauh lebih mudah dibandingkan menulis artikel tanpa ada foto yang dibahas.

Untuk alamat blog, bisa menggunakan (maaf, sekali lagi : bukan promosi) www.blogger.com. Blog ini mudah dibuat, tampilannya indah / ada bermacam-macam pilihan disain warna-warni, dan gratis !


Bagaimana dengan komputer? Tentu saja ada banyak pilihan, tetapi notebook merek Axioo dengan layar yang kecil (seperti yang dipakai saya, anak saya, dan istri saya) harganya sekarang berkisar Rp 1.850.000-an. Tentu saja ada banyak pilihan yang harganya lebih mahal, tetapi kami memang memakai yang tipe ini.

 
Alat lain yang diperlukan adalah card reader untuk membaca atau memindahkan foto dari kartu memory di handphone ke harddisk notebook. Yang kami pakai harganya Rp 25.000. Yang lebih mahal juga banyak, tetapi kami memakai yang biasa saja.

 
Tentu saja, untuk on line dalam meng-up load atau mem-publish diperlukan modem. Lagi-lagi bukan promosi, ada banyak pilihan. Ada banyak modem yang dijual satu paket / di-bundling dengan kartu seluler (kartu handphone). Harganya sekitar Rp 300.000an untuk 3 bulan, sudah termasuk gratis paket pulsa modem Rp 50.000-an perbulan. Jadi, kalau dihitung-hitung, harga modem-nya Rp 150.000an. (Dulu, sekitar 5 tahun lalu, harga modem masih berkisar Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta !).

Setelah itu, setiap bulan tinggal mengisi ulang pulsa Rp 50.000 per bulan.

--------------------

Bermanfaat. Dengan membuat blog keluarga secara gotong royong bersama seluruh anggota keluarga (membuat foto maupun artikel / ulasan) maka akan tercipta kebersamaan dan kebahagiaan bersama, serta bisa dibagi-bagikan sebagai kenangan indah kepada kenalan-kenalan (lewat facebook misalnya). Kalau cuma update status facaebook 'kan sifatnya pribadi / perorangan, tetapi blog yang ditautkan memang hasil kerja bersama seluruh anggota keluarga.

Masih ada lagi. Anak akan terampil membuat foto dan  ulasan / artikel yang bermanfaat untuk perkembangan kemampuan komunikasi dan kreativitas dalam pergaulan sehari-hari, baik pada saat masih anak-anak / remaja maupun nantinya pada saat dewasa.

--------------------

Selamat menemani anak.

Selamat membuat blog keluarga dari, oleh, dan untuk seluruh keluarga.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa".

-----o0o-----

Foto dan tulisan oleh Constamtinus Johanna Joseph.Ilmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia nomor 03-12D-0922. Sarjana di bidang Ilmu Alam dan Sarjana di bidang Ilmu Sosial. Magister Manajemen di bidang Marketing, Praktisi Psikologi Industri, dan Praktisi Perbankan.



Blog www.holiparent.blogspot.com diterbitkan oleh Holiparent Studio 89 (dahulu Jantera Study 89) yang memberikan bimbingan dan konsultasi untuk anak - remaja - dewasa dalam article writing & scientific photography untuk pengembangan komunikasi dan kreativitas. Bimbingan / konsultasi setiap Senin - Jumat pk. 18.00 - 21.00 di Jalan Anjasmoro V no. 24 Semarang dan Minggu pagi (khusus scientific photography - outdoor).