Jumat, 28 September 2012

MENEMANI ANAK UNTUK MAU TAHU HAL-HAL PRODUKTIF



Suatu ketika ada mobil milik Radio Republik Indonesia (RRI) sedang diparkir di suatu tempat.

Tetapi bukan parkir sembarang parkir.

Mobil RRI itu sedang meliput / melakukan siaran di luar studio.

Mobil RRI itu membawa antena yang bisa dilipat / dilepas, yang ketika dipasang bisa menjulang tinggi.

Di dalam mobil RRI itu ada alat-alat untuk siaran.

--------------------

Anak kita bisa jadi sudah sangat familiar dengan siaran radio atau siaran televisi. Maksudnya, sudah biasa mendengarkan / menonton siarannya. Saya menyebutnya biasa mengonsumsi siaran.

Pertanyaannya, apakah anak kita sudah punya bayangan / pengalaman tentang bagaimana siaran itu dibuat ?

--------------------

Memang, tidak semua anak punya kesempatan / pengalaman masuk ke dalam studio siaran radio / televisi. Anak saya juga belum, meskipun saya dulu biasa siaran di beberapa radio swasta di Semarang.

Tetapi tidak perlu memaksakan diri membawa anak masuk / berkunjung ke studio. Kalau ada kesempatan seperti itu, pasti bagus.

Kalau belum ada kesempatan seperti itu, kita bisa memanfaatkan kesempatan bertemu dengan mobil RRI seperti ini untuk memberikan pengetahuan / pengalaman tambahan kepada anak. Dengan demikian anak memiliki bayangan / gambaran tentang bagaimana siaran itu dibuat. 

--------------------

Selamat menemani anak.

Selamat menemani anak untuk mengetahui bagaimana suatu proses produksi siaran dibuat, meskipun tidak secara keseluruhan / lengkap. Dengan demikian anak akan terbiasa memiliki pola pikir bagaimana sesuatu itu dibuat.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa".


-----o0o----- 

Foto dan tulisan oleh  Constantinus Johanna Joseph. Ilmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia nomor 03-12D-0922. Sarjana di bidang Ilmu Alam dan Sarjana di bidang Ilmu Sosial. Magister Manajemen di bidang Marketing, Praktisi Psikologi Industri & Komunikasi, dan Praktisi Perbankan.
 
 
  
 
www.holiparent.blogspot.com diterbitkan oleh "Holiparent Studio 89" (dahulu "Jantera Study 89") yang memberikan bimbingan & konsultasi untuk anak-remaja-dewasa tentang Article Writing & Scientific Photography for  Communication & Creativity Purposes. Bimbingan & konsultasi di Jalan Anjasmoro V no. 24 Semarang setiap Senin-Jumat pk. 18.00-21.00 (Minggu pagi khusus Scientific Photography - Outdoor).