Selasa, 18 September 2012

Menemani Anak : CINTA ILMU, OLAH RAGA, SENI dan BUDAYA


Bernardine Agatha dari SMP Pangudi Luhur "Domenico Savio" menjadi Juara II Lomba Cipta Puisi dalam Loyola Sport, Academik, and Art Competition (LOSAAC) 2012.


----------------------------------------
 
Hari Minggu tanggal 16 September 2012 bersamaan dengan penutupan Loyola Education Fair ke-6, dibagikan piala, piagam, dan uang pembinaan kepada para juara Loyola Sport, Academic, and Art Competition (LOSAAC) 2012. LOSAAC sendiri sudah berlangsung pada hari Sabtu - Senin tanggal 8 - 10 September 2012.

Yang menarik dari rangkaian kegiatan ini adalah keseimbangan kegiatan lomba. Bukan hanya olah raga saja. Bukan hanya akademik saja. Bukan hanya seni saja. Tetapi semuanya.

Tentu saja, tidak berarti bahwa seorang peserta harus mengikuti lomba di semua bidang tersebut. Tetapi bahwa SMA Kolese Loyola mengadakan kegiatan lomba yang mencakup ketiga hal tersebut : ilmu, olah raga, seni budaya.

Dan ini sebenarnya tidak aneh, sebab lagu Mars Kolese Loyola memang di antaranya berkata : .....cinta ilmu...olah raga...seni dan budaya.....pikiran dan kehendak hati dilatih secara teratur..... 


COMPETENCE = Kompeten
CONSCIENCE = Hati Nurani Benar
COMPASSION = Kepedulian Sosial  



LOSAAC 2012 & Loyola Education Fair merupakan kesempatan bagi pengelola blog ini (www.holiparent.blogspot.com) untuk bernostalgia di SMA Kolese Loyola tercinta : Constantinus (dulu Program A-1 / Fisika, 1986-1989) dan Susana Adi Astuti (dulu Program A-2 / Biologi, 1986-1989) 
--------------------

 
Sebagai salah satu ciri khas dan kebanggaan SMA Kolese Loyola, dalam kegiatan seperti ini Gamelan Supra pasti tampil di panggung. 

Apa sih keunikan Gamelan Supra ini ?

Ini adalah seperangkat gamelan Jawa yang not-nya do-re-mi-fa-so-la-si-do. Dengan demikian, gamelan Jawa yang satu ini dapat dipakai untuk memainkan lagi-lagu pop dan sebagainya (sementara gamelan lainnya akan sulit, karena not-nya tidak do-re-mi-fa-so-la-si-do).

Selain itu, nama Supra diambil dari nama Pahlawan Nasional Indonesia Monsigneur Soegijapranata, dan pemilihan nama ini diberikan oleh Presiden Republik Indonesia (ketika itu) Ir. Soekarno.

Jadi, meskipun sudah berusia cukup tua, Gamelan Supra yang masih terawat dengan baik ini merupakan salah satu contoh nyata yang dapat dilihat (didengar) oleh anak tentang kreativitas : membuat Gamelan Jawa tetapi bisa memainkan lagu-lagu pop dan sebagainya (lagu-lagu Barat).

Dari sini, anak dapat memperoleh wawasan tentang kreativitas : bahwa menggabungkan yang lama / tradisional dengan yang baru / modern itu akan menghasilkan sesuatu yang baru / unik dan disukai serta bermanfaat bagi banyak orang (= bisa menimbulkan rasa senang karena bisa menonton sesuatu yang istimewa / unik).

--------------------


 Tim Basket Putra SMP Pangudi Luhur "Domenico Savio" menjadi Juara I dalam LOSAAC 2012 (gambar di atas), sedangkan Tim Basket Putri SMP Pangudi Luhur "Domenico Savio" menjadi Juara IV (gambar di bawah).


Dalam LOSAAC 2012 ini, SMP Pangudi Luhur "Domenico Savio" menyabet banyak gelar juara. Bahkan, untuk lomba akademik, gelar Juara I, II, III semuanya disabet oleh SMP Pangudi Luhur "Domenico Savio" (gambar di bawah).


Adapun untuk lomba Cipta Puisi (termasuk di dalamnya : menulis / menciptakan puisi, membacakan puisi dan intervieu tentang puisi yang baru diciptakan tersebut) dimenangkan oleh Hendra (Juara I, nomor 2 dari kanan) dan Agatha (Juara II, mengenakan seragam SMP) keduanya dari SMP Pangudi Luhur "Domenico Savio", sedangkan Juara III dimenangkan oleh SMP Negeri 32 Semarang (berdiri paling kiri, memakai baju kotak-kotak) sebagaimana tampak pada gambar di bawah ini. 

  
 Foto-foto para pemenang lomba yang lain ditampilkan berikut ini :


 Juara Bulu Tangkis Putra


Juara Bulu Tangkis Putri


Juara Apresiasi Sastra


Juara Modern Dance


Juara Fotografi


Juara Mewarnai Gambar


Juara Menggambar


Stand Perguruan Tinggi terbaik : Universitas Diponegoro Semarang
 
--------------------

Loyola Education Fair tahun 2012 ini diikuti oleh berbagai Perguruan Tinggi baik dari dalam maupun dari luar negeri, sebagaimana tampak pada gambar-gambar di bawah ini.








--------------------

Selamat menemani anak.

Selamat menemani anak untuk menambah wawasan dan pengalaman, baik itu pengalaman mengikuti lomba maupun mengunjungi pameran-pameran pendidikan.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa".


-----o0o-----

Foto oleh Tim "Holiparent Studio 89" : Bernardine Agatha, Susana Adi Astuti, Constantinus Johanna Joseph.

Tulisan oleh Constantinus Johanna Joseph. Ilmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia nomor 03-12D-0922. Sarjana di bidang Ilmu Alam dan Sarjana di bidang Ilmu Sosial. Magister Manajemen di bidang Marketing, Praktisi Psikologi Industri, dan Praktisi Perbankan.



www.holiparent.blogspot.com diterbitkan oleh "HOLIPARENT STUDIO 89" (dahulu "Jantera Study 89") yang memberikan bimbingan dan konsultasi untuk anak - remaja - dewasa dalam bidang Article Writing & Scientific Photography for Communication & Creativity Purposes. Bimbingan & konsultasi di Jalan Anjasmoro V no. 24 Semarang setiap Senin - Jumat pk. 18.00 - 21.00 WIB (Minggu pagi khusus Scientific Photography - Outdoor).