Jumat, 21 Juni 2013

Menemani Anak : MENIKMATI PELANGI DI PAGI HARI



Kamis pagi tanggal 20 Juni 2013 sekitar pk. 06.30. WIB Seperti biasa, saya bersama istri mengantar anak berangkat sekolah. Ya, meskipun di sekolahnya (SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang) hari-hari ini adalah hari-hari "Masa Jeda" (istilah yang dipakai oleh pihak sekolah untuk menggambarkan hari-hari setelah selesai Ulangan Umum Kenaikan Kelas sampai dengan pembagian rapor kenaikan kelas), anak saya tetap saja dengan penuh semangat berangkat ke sekolah tepat waktu karena dia bisa melakukan hobinya : memotret dan mem-video-kan kegiatan berbagai pertandingan olah raga dan juga seni antar kelas.

Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth.,

Kondisi tersebut di atas saya ceritakan untuk menggambarkan bahwa saat itu kami bertiga (saya, anak, dan istri) sedang mengobrol dengan penuh semangat ketika tiba-tiba saja anak saya berteriak dengan penuh semangat, "PELANGI ! Ada PELANGI !"

Saya dan istri segera melihat ke langit, mencari-cari : di mana ada PELANGI. Dan...memang PELANGI itu ada di sana !

Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth.,

Kebetulan saat itu mobil yang saya kemudikan sedang berhenti di "traffic light" (yang sedang berwarna merah). Saya pun segera mengeluarkan "handphone" yang ada kameranya (saat itu saya membawa Nokia Lumia 900) memotret PELANGI itu.

Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth.,

Melihat PELANGI, memotret PELANGI, sebenarnya adalah hal yang sederhana saja. Tetapi di sini saya sengaja men-sharing-kan pengalaman yang sederhana ini : bahwa anak saya sempat berkata bahwa dia senang bisa melihat PELANGI pagi itu. Dan bahwa dia senang juga karena di-potret-kan PELANGI oleh saya. 

Bersama anak, saya juga mengamati bahwa PELANGI itu bentuknya melengkung dan warna MERAH terletak di bagian ATAS, sedangkan warna UNGI terletak di bagian BAWAH. 

Anak saya juga memperhatikan (tepatnya : mencocokkan) bahwa warna PELANGI memang MERAH - JINGGA - KUNING - HIJAU - BIRU - NILA - UNGU (warna ini seperti sudah saya sebutkan di atas : terletak dari ATAS ke BAWAH).

Jadi, untuk bisa merasa SENANG bersama-sama itu sebenarnya SEDERHANA saja : perhatikanlah dan nikmatilah HAL-HAL KECIL yang memang MENARIK PERHATIAN anak. 

Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth.,

Saya sengaja menampilkan foto PELANGI yang saya potret pada hari Kamis pagi tanggal 06.30 WIB pada blog kali ini. Semoga KESEDERHANAAN foto ini dapat MENULARKAN rasa senang kepada Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth., dengan diiringi ajakan : mari kita bersenang-senang bersama anak dengan melakukan menikmati hal-hal yang sederhana. Misalnya, dengan menikmati PELANGI (kalau kebetulan sedang terlihat di depan mata kita).

Selamat menemani anak.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa"


-----o0o-----


Foto dan tulisan oleh Constantinus Johanna Joseph. Ilmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia nomor 03-12D-0922. Sarjana di bidang Ilmu Alam dan di bidang Ilmu Sosial.