Selasa, 25 Juni 2013

Menemani Anak SAMBIL NONGKRONG MELEPAS STRES




Liburan sekolah kali ini keponakan saya yang tinggal dan bersekolah di Kupang (Nusa Tenggara Timur) datang ke Semarang. Dia baru mau masuk kelas 1 Sekolah Dasar. Namanya Novena.

Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth.,

Adakalanya saya menulis di blog ini lebih karena ingin membagikan perasaan senang yang dapat diperoleh dengan (relatif) murah meriah. Seperti tulisan kali ini, misalnya.

Keponakan saya senang sekali karena diajak jalan-jalan di kawasan Jalan Pahlawan Semarang. Di kawasan dekat Simpang Lima ini, ada banyak sekali persewaan mainan anak-anak. Juga ada penjual jagung rebus plus kacang kedelai, kacang kulit, bakso, juga wedang ronde.




Malam itu saya ngobrol dengan Mas Anis yang menyewakan 11 unit mainan anak-anak. Pria yang tinggal di Jalan Pekunden Semarang ini membawa kesebelas unit mainan sewaannya menggunakan becak langganannya. Setiap malam, sepulang dari Jalan Pahlawan, Mas Anis harus menyetrum accu mobil / sepeda motor mainan selama 6 jam (supaya keesokan sorenya dapat disewakan selama 2 jam sampai listrik accunya habis). Biaya sewa mainan yang tidak memakai accu adalah Rp 15.000 per 30 menit, sedangkan mainan yang memakai accu adalah Rp 25.000 per 30 menit.



Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth.,

Bernardine Agatha Adi Konstantia, anak saya yang naik ke kelas IX SMP Pangudi Luhur Domenico Savio bertanya kepada saya, "Mengapa orang-orang suka nongkrong seperti di Jalan Pahlawan di malam hari ?"



Ini pertanyaan yang bagus, dan saya menjawabnya begini, "Karena manusia mendapatkan ENERGI ketika bertemu dengan orang lain". Ya, manusia adalah MAKHLUK SOSIAL. BERTEMU dengan orang lain akan terasa MENYENANGKAN. Dan di tempat persewaan mainan anak-anak seperti di Jalan Pahlawan ini, RASA BAHAGIA dari sekian banyak orang tua yang menemani anak-anaknya bermain, juga rasa senang dari anak-anak itu, akan MENULAR di antara sekian banyak orang tua yang ada di sana.

Selamat menemani anak.

Selamat menemani anak sambil IKUT MERASA SENANG dan MENGHILANGKAN STRES secara murah meriah.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa"

-----o0o-----

Foto dan tulusan oleh Constantinus Johanna Joseph. Ilmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia nomor 03-12D-0922. Sarjana di bidang Ilmu Alam dan Ilmu Sosial.