Minggu, 04 Agustus 2013

Menemani Anak : BERTEMU MAS KRIS YANG MEMPROMOSIKAN KORAN KOMPAS




Kris dari Kompas. Anak muda yang pekerjaannya mempromosikan koran Kompas ini dengan ramah, santun, dan percaya diri mendatangi kami (anak saya Agatha, istri saya Usie, dan saya) ketika kami sedang duduk-duduk di hari Minggu pagi di Jalan Pahlawan Semarang.





"Saya dari Kompas.... Menawarkan Kompas hari ini...dengan mendapat bonus Majalah Ride Bike gratis...," kata Kris.





Anak saya Agatha seperti biasa memperhatikan dengan penuh minat cara Kris yang sedang menawarkan barang yang dipromosikannya.





"Saya foto dulu, Mas...," kata saya kepada Kris. Tidak lupa saya mengatakan kepadanya bahwa saya seorang "blogger" (penulis "blog" di internet) sambil memberikan kartu nama saya : www.holiparent.blogspot.com.





Kemudian Kris melanjutkan promosinya. Dan kami pun membeli Kompas yang dipromosikan Kris seharga Rp 3.000,- plus mendapat gartis Majalah Ride Bike.





"Ini memang edisi sebelum yang terbaru, Pak... Tetapi masih baru...artinya memang stok untuk promosi...," kata Kris lagi. Saya memakluminya. Bagi saya, Majalah Ride Bike ini memang baru, karena saya memang belum pernah membaca.











Setelah Kris berlalu, anak saya Agatha bertanya kepada saya, apa Kris menawarkan koran Kompas dan Majalah Ride Bike karena kami sedang "sepedaan" (= jalan-jalan naik sepeda).







"Ya," jawab saya. "Orang seperti Kris melihat-lihat, kira-kira apa orang yang akan ditawari akan tertarik dan mau membeli. Misalnya, karena kita naik sepeda, maka Kris menawarkan Majalah Ride Bike sebagai bonus koran Kompas edisi hari ini".





Kami melihat bahwa meskipun harus bekerja di hari Minggu (biasanya di hari Minggu, orang-orang pada libur kerja). Dan Kris bekerja dengan penuh semangat. Ceria. Ramah. Santun.







"Itu namanya orang bekerja dengan hati," kata saya kepada Agatha.





:-)





Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth.,





Ada banyak hal dari perjumpaan kita dengan orang-orang dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kita jadikan bahan pembelajaran kepada anak. Kali ini, tentang Kris, temanya adalah : bekerja dengan hati dan penuh semangat.





Selamat menemani anak.





"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa".





-----o0o-----





Foto dan tulisan oleh Constantinus Johanna Joseph. Ilmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia nomor 03-12D-0922. Sarjana di bidang Ilmu Alam dan Ilmu Sosial.