Jumat, 19 April 2013

BERJUANG UNTUK "AJEG" & MENGATASI BANYAK ALASAN

Majalah Jurnalistik "Fresh !" SMP Domenico Savio - Edisi ke-2

Bukan hanya anak-anak, kita para orang tua juga ada kecenderungan "tergoda" untuk menggebu-gebu ketika memulai sesuatu, tetapi kemudian jadi bosan dan akhirnya "padam"....

Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth.,
Tidak terasa sekarang ini sudah bulan April 2013. Ini berarti Blog Holiparent ini sudah hampir berumur 1 tahun. Tentu saja, dengan segala liku-likunya : sering tidak terbit karena berbagai alasan, sampai beberapa edisi yang karena ada "trouble teknis" yang menyebabkan edisi tertentu hanya dapat dibuka dengan Personal Computer / Notebook (tetapi tidak bisa dibuka dengan Smartphone / BB / Tablet). Saya sungguh-sungguh bersyukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth., yang sudah menjadi pembaca setia Blog Pendidikan ini (yang seharusnya terbit setiap hari). Sungguh, saya begitu berterima kasih bahwa Blog Pendidikan ini sudah dibaca hampir 15.000 kali... Dulu, ketika baru dibaca 100 kali saja, saya sudah senang bukan main...

Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth.,
Ngomong-ngomong tentang "keajegan" dalam melanjutkan apa yang sudah dimulai, saya jadi ingat anak saya yang di bulan Februari 2013 yang lalu menerbitkan Majalah Jurnalistik di sekolahnya, bersama teman-temannya. Semangat mereka menggebu-gebu. Dan senangnya bukan main waktu Majalah Jurnalistik SMP Domenico Savio Semarang ini terbit perdana. Ditambah lagi tanggapan para pembaca (guru dan teman-teman sekolah), membuat kegembiraan dan semangat mereka semakin meluap-luap.

Saya ketika itu justru berpesan, bahwa semua semangat itu jangan dihabiskan begitu saja untuk menggarap edisi perdana. Masih ada edisi-edisi berikutnya yang harus diterbitkan setiap bulannya. Masih selalu perlu ide-ide baru supaya Majalah Jurnalistik yang diberi nama "Fresh !" ini benar-bemar "fresh" setiap bulannya dibaca semua guru dan murid di sekolah itu. Ibarat lari, ini adalah lari marathon yang perlu mengatur strategi dan stamina. Terutama, MENGATASI RASA BOSAN.

Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth.,
Saya tidak menuduh bahwa semua orang adalab pem-bosan alias orang yang mudah bosan. Tidak. Tetapi memang kalau kita lihat, biasanya untuk MEMULAI sesuatu itu, entah membuat Majalah Jurnalistik, entah membuat Blog Pendidikan, adalah jauh LEBIH MUDAH & LEBIH BERSEMANGAT daripada tetap MENERUSKANNYA SECARA RUTIN. Biasanya, rasa bosan itu muncul dengan berbagai macam kedok / alasan. Yang paling umum adalah : sibuk.

Saya sendiri mengakui bahwa kesibukan memang yang membuat Blog Holiparent ini beberapa kali tidak terbit setiap hari. Tetapi saya sadar bahwa ITU TETAPLAH ALASAN SAJA. Perlu tekad yang kuat dan kesadaran yang penuh untuk KEMBALI BANGKIT : kalaupun memang sibuk, ya harus DILUANGKAN di sela-sela waktu sibuk itu untuk tetap MENERUSKAN apa yang sudah DIMULAI.

Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth.,
Saya mengawali menulis blog edisi kali ini sekitar pk. 17.30, di dalam mobil, sambil menunggu istri pulang kantor (kebetulan hari ini saya menjemput istri pulang kantor). Dan, baru saya lanjutkan / saya selesaikan sekitar pk 20.30 di salah satu rumah makan sambil saya makan malam dengan istri (karena saya tidak mungkin nge-blog sambil nyetir mobil; istri saya biasa tidak mau nyetir mobil kalau ada saya).

Ini adalah PERJUANGAN bagi saya untuk tetap menulis blog secara AJEG. Dan...tidak menggunakan alasan ini itu.

Semoga dengan demimian, kita pun dapat menemani dan memberi contoh kepada anak kita untuk selalu AJEG meneruskan apa yang sudah dimulai, dan tidak terjebak pada RASA BOSAN ataupun BANYAK ALASAN.

Selamat menemani anak.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa"

-----19 April 2013-----

Tulisan oleh Constantinus Johanna Joseph. Ilmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia.