Minggu, 10 Januari 2021

Holiparent Taman Kreatif : MEMASAK (BIASA) sekaligus mengajak anak PRAKTIKUM fisika, kimia, biologi


Sejak tulisan tentang praktikum mandiri di rumah dimuat di blog Holiparent Taman Kreatif ini pada tanggal 31 Desember 2020, ada banyak pertanyaan dari para orang tua (terutama para ibu), "Apakah praktikum mandiri itu harus menggunakan peralatan kimia / peralatan laboratorium yang mahal harganya ?"

Jawabannya adalah, "Tidak ! Praktikum mandiri di rumah itu justru dianjurkan menggunakan alat-alat masak yang sudah ada di rumah !" 

Tentu saja, harus disesuaikan dengan usia anak supaya anak tidak dalam bahaya, dan harus ditemani oleh orang tuanya. 





Kami dari tim Holiparent Taman Kreatif yaitu Dr. (Cand) Susana Adi Astuti, S.Pi, MM, M.Si; Dr. (Cand) Constantinus, S.Pi, S.Psi, MM, MM, M.Psi, Psikolog; Bernardine Agatha Adi Konstantia (Cand.S.TP) mengajak ibu-ibu dan bapak-bapak untuk mengajak anak memperhatikan & memahami aspek fisika, kimia, biologi (yang sudah pasti ilmiah) dalam kegiatan memasak yang biasa dilakukan di rumah. 

Ini dapat dijadikan praktikum mandiri asalkan anak dibuatkan prosedur dan worksheet serta diajari membuat foto-foto observasi, sehingga hasil memasak + praktikum anak bersama orang tua dapat didiskusikan lebih lanjut (tim kami juga memberikan layanan diskusi hasil praktikum seperti ini).  

Sekali lagi, tidak perlu peralatan laboratorium yang harus dibeli secara khusus untuk menemani anak memahami proses ilmiah dengan praktikum mandiri !





Apa contohnya ? Anak diajak memasak bakso sapi ! Ini biasa saja, 'kan ? Tetapi anak ditemani orang tua untuk mempertanyakan : (1) Mengapa bakso ketika belum matang tenggelam dalam air di panci ? (2) Mengapa bakso ketika sudah matang terapung ? 

Secara praktis, orang tua menjelaskan bahwa berat jenis bakso ketika mentah berbeda dengan berat jenis bakso ketika matang !

Lalu, anak ditemani orang tua untuk memahami konsep tentang berat jenis. Jadi dengan praktikum mandiri memasak bakso, orang tua sudah dapat menemani anak untuk memahami fisika dasar dalam hidup sehari-hari. 

Ada lagi : anak juga ditemani orang tua untuk memahami apa yang menyebabkan berat jenis bakso mentah berubah ketika bakso sudah matang ? Bagaimana proses yang terjadi pada bakso mentah itu terkait dengan suhu tinggi (memasak bakso dalam air mendidih)

Ibu-ibu dan bapak-bapak yang budiman,

Kalau kegiatan yang biasa dilakukan di rumah dilihat dengan kaca mata ilmiah seperti ini, maka anak dengan ditemani orang tuanya akan memiliki pola pikir ilmiah yang sangat berguna baginya untuk menjadi orang yang kreatif & inovatif sejalan dengan perkembangan usianya.


Dan jangan lupa, alat-alatnya pun sudah ada di rumah. Terlebih sekarang ini, banyak alat-alat masak yang praktis yang dapat dibeli di berbagai toko online dengan harga Rp 75.000,- sampai Rp 100.000,- an. Alat-alat ini berfungsi 2 in 1 : untuk memasak, juga untuk menemani anak praktikum mandiri di rumah memahami aplikasi ilmu fisika, kimia, biologi dalam praktek masak-memasak sehari-hari. 

Tentu saja, kalau ibu-ibu dan bapak-bapak ingin berkonsultasi dengan kami, dengan senang hati kami akan melayani.




Selamat menemani anak.
"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa"


----- oOo -----


Untuk konsultasi, silakang menghubungi lewat WA / HP : 0852 1540 6189
Biaya Rp 100.000,- per konsultasi online selama 1 jam (free panduan praktis praktikum & worksheet praktikum sesuai materi konsultasi)


   
Holiparent Taman Kreatif dikelola oleh :
  • Dr. (Cand) Susana Adi Astuti, S.Pi, MM, M.Si (mempelajari ilmu fisika, kimia, biologi, pangan, dan ekologi selama studi di bidang perikanan; lulus magister di bidang psikologi)
  • Dr. (Cand) Constantinus, S.Pi, S.Psi, MM, MM, M.Psi, Psikolog (mempelajari ilmu fisika, kimia, biologi, pangan dan ekologi selama studi di bidang perikanan; magister di bidang psikologi)
  • Bernardine Agatha Adi Konstantia (mempelajari ilmu fisika, kimia, biologi, pangan, dan ekologi pangan dalam studinya sebagai Kandidat Sarjana Teknologi Pangan)   


Holiparent Taman Kreatif berdiri tahun 2006, diunggah ke web skot.holiparent.com sejak 2012; merupakan bagian dari Holiparent Research & Education.
  • Kedaton Terrace D9/03, BSB City, Semarang
  • Elektron III Blok AA I/5, Permata Quanta, Permata Puri, Ngaliyan, Semarang
skot.holiparent.com