Sabtu, 02 Januari 2021

Holiparent Taman Kreatif : KESEDERHANAAN untuk MENGATASI KEJENUHAN dengan KREATIF & ILMIAH




(Sambungan edisi 1 Jan 2021 sore)


Sejak diunggah pada tanggal 31 Desember 2020, ada banyak pertanyaan yang diterima tim Holiparent Taman Kreatif, antara lain mengenai apakah harga alat-alat untuk praktikum mandiri itu bisa murah ? Kami menjawab dengan jelas, "Ya !". Karena ala-alat untuk praktikum mandiri ini sudah banyak tersedia di rumah, tinggal dilihat dari sudut pandang ilmiah supaya dapat dipakai untuk pengamatan & diskusi secara ilmiah, dipotret dan dibuat laporannya secara sistematis untuk memupuk kreativitas & kepemimpinan saintifik anak (yang akan sangat berguna sampai dia dewasa kelak ketika berkarya di dunia kerja).


Contoh dari alat sederhana yang dapat dipakai adalah sendok sayur sebagaimana ditulis di holiparent.com ini pada ediri 23 Juli 2013.



Atau juga menggunakan stapler sebagai alat yang murah namun lengkap untuk diobservasi untuk praktikum pelajaran fisika (tentang pegas, titik tumpu, dan lain-lain). Tulisan tentang stapler ini dapat dibaca di holiparent.com edisi 20 September 2012. 



Pertanyaan lain terkait dengan orang tua sebagai teman bagi anak melakukan praktikum mandiri di rumah adalah, "Saya sudah lama sekali lupa tentang pelajaran sekolah". Atau, "Saya dulu sekolah di jurusan IPS". Atau, "Saya memang dulu tidak pandai praktikum ketika masih sekolah. Bagaimana saya bisa menemani anak melakukan praktikum mandiri di rumah ?"


Menjawab pertanyaan ini, Susana dan saya (kami sama-sama menyelesaikan pendidikan S-1 di bidang aquaculture engineering dan S-2 di bidang psikologi) menjawab berdasarkan keilmuan kami dan juga pengalaman kami dalam mendampingi orang dewasa (dalam konseling pribadi maupun dalam pelatihan di perusahaan) sebagai berikut :

  • Dalam menjalani kekehidupan ini, IPA (ilmu pengetahuan alam) dan IPS (ilmu pengetahuan sosial) itu digunakan bersama-sama. Tidak masalah apakah dulu orang tua sekolah / kuliah di jurusan IPS atau IPA, yang penting sekarang meng-upgrade keilmuan untuk menemani anak melakukan praktikum mandiri di rumah.
  • Pola pikir dan sudut pandang ketika kita sudah dewasa (sebagai orang tua) berbeda dengan saat kita masih anak-anak / remaja dulu. Apa yang dulu tidak kita sukai / tidak kita pahami, dapat di-upgrade dengan cara belajar orang dewasa (berkonsultasi dengan Holiparent Taman Kreatif) yang ramah dan tidak pakai dimarah-marahi  (suasana selalu dibuat menyenangkan).

Selamat meng-upgrade keilmuan untuk menemani anak melakukan praktikum mandiri di rumah.
"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa"


(Bersambung ke edisi 3 Jan 2021)

----- oOo -----


Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi WA / HP 0852 1540 6189.



Pengelola Holiparent Taman Kreatif :
  • Dr. (Cand) Susana Adi Astuti, S.Pi, MM, M.Si. Menyelesaikan pendidikan S-1 di bidang aquaculture engineering dan S-2 di bidang psikologi.
  • Dr. (Cand) Constantinus, S.Pi, S.Psi, MM, MM, M.Psi, Psikolog. Menyelesaikan pendidikan S-1 di bidang aquaculture engineering dan S-2 di bidang psikologi.
  • Bernardine Agatha Adi Konstantia (Cand. S.TP). Sedang menyelesaikan pendidikan S-1 di bidang food technology. 


Psikotes / Asesmen Psikologi dilakukan oleh Biro Psikologi "Constantinus & Rekan"
Surat Izin Praktik Psikologi no. 1456-20-2-2





Holiparent Taman Kreatif berdiri sejak 2006, diunggah di holiparent.com sejak 2012. Semboyan yang dipakai adalah "Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa".



"Holiparent Taman Kreatif" dan "Holiparent Psikologi dan Manajemen" adalah bagian dari HOLIPARENT RESEARCH & EDUCATION
skot.holiparent.com

  • Kedaton Terrace D9/03, BSB City, Semarang
  • Elektron III Blok AA I/5, Permata Quanta, Permata Puri, Ngaliyan, Semarang