Jumat, 01 Januari 2021

Holiparent Taman Kreatif : PENTINGNYA KEGEMARAN MELAKUKAN PRAKTIKUM MANDIRI DI RUMAH



(Sambungan edisi 31 Des 2020)


Di era new normal karena ada pandemi Covid-19 sekarang ini, metode belajar yang sangat jauh berkurang adalah praktikum. Mengapa ? Karena di saat normal dulu sebelum ada pandemi, praktikum dilakukan di ruang praktikum lengkap dengan semua peralatan praktikumnya. Kegiatan praktikum sangat penting untuk membuat anak menjadi lebih paham, karena anak mendapatkan pengalaman praktis, bukan sebatas menghafalkan teori. Dengan melakukan praktikum, anak juga lebih mudah mengaplikasikan ilmu yang dipelajarinya untuk memecahkan persoalan yang dihadapi dalam kehidupan ini, baik di masa sekarang maupun kelak ketika sudah berkarya di dunia kerja.


Tentu saja, Tim Holiparent yang terdiri dari Dr. (Cand) Susana, S.Pi, Dr. (Cand) Constantinus, S.Pi, dan Bernardine Agatha (Cand. S.TP) tidak bermaksud membuat para orang tua untuk mempunyai ruang laboratorium dengan peralatan yang lengkap di rumah masing-masing. Lalu, apa yang akan dilakukan ?


Gagasannya sederhana dan praktis, tetapi memang ilmiah. Dengan didasarkan pada ilmu psikologi tentang kecerdasan majemuk, kepribadian, dan minat bakat orang tua serta anaknya, perkakas / peralatan yang sehari-hari sudah ada di rumah digunakan sebagai alat praktikum. Contohnya, sendok sayur dapat dipakai sebagai alat praktikum tentang cermin cekung dan cermin cembung. Ini dapat dibaca pada edisi awal holiparent.com edisi 23 Juli 2013.


Apabila orang tua ingin membelikan anaknya alat praktikum yang bukan merupakan peralatan di rumah sehari-hari, juga disediakan oleh Tim Holiparent. Atau, bisa juga membeli sendiri dengan spesifikasi yang kami berikan. Misalnya : kaca pembesar ada berbagai ukuran dan kualitas.


Bagi orang tua yang sudah lupa tentang prosedur melakukan praktikum, Tim Holiparent juga menyediakan panduan praktikum (bisa sesuai permintaan / pesanan dari orang tua, bisa sesuai dengan panduan yang sudah ada di Tim Holiparent).


Adapun hal yang paling penting dari praktikum mamdiri di rumah adalah rancangan percobaan  & penulisan hasil + analisis + penarikan kesimpulan. Untuk ini, Tim Holiparent menyediakan file komputer tentang form, worksheet, maupun grafik yang membuat hasil praktikum yang ilmiah, menyenangkan, dan laporan hasilnya kelihatan canggih meskipun masih dilakukan olah anak-anak usia SD / sederajat maupun remaja awal usia SMP / sederajat. Dengan bekal dukungan dari Tim Holiparent, semoga para orang tua semakin siap menemani anak sebagai pembimbing praktikum di rumah.


Dengan demikian, semoga rasa jenuh orang tua dqn anak diapat berganti menjadi rasa penasaran melakukan praktikum yang ilmiah, menyenangkan, hasilnya canggih secara mandiri di rumah. 


Selamat menemani anak.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa"


(Bersambung ke edisi 1 Jan 2021 sore)


----- oOo -----


Untuk informasi, pendaftaran, dan pembelian, silakan menghubungi WA : 0852 1540 6189


Holiparent Taman Kreatif dikelola oleh :

Dr. (Cand) Susana Adi Astuti, S.Pi, MM, M.Si

Dr. (Cand) Constantinus, S.Pi, S.Psi, MM, MM, M.Psi, Psikolog

Bernardine Agatha Adi Konstantia (Cand. S.TP)




Holiparent Taman Kreatif berdiri tahun 2006, diunggah ke web holiparent.com sejak tahun 2012, merupakan bagian dari Holiparent Research & Education.




Asesmen psikologi (apabila diperlukan) dilakukan oleh Biro Psikologi "Constantinus & Rekan". Surat Izin Praktik Psikologi no. 1456-20-2-2.




Holiparent Research & Education 

(1) Kedaton Terrace D9/03, BSB City, Semarang

(2) Elektron III Blok AA I / 5, Permata Quanta, Permata Puri, Ngaliyan, Semarang

holiparent.com

0852 1540 6189