Selasa, 20 September 2022

Menemani Anak : Mendukung anak melakukan IMAGERY (visualisasi)


 Orang tua perlu menghargai dan mendukung IMAGERY anak


Ibu / Bapak / Saudara / Saudari Pembaca HOLIPARENT Yth.,

Tulisan kali ini adalah tentang IMAGERY. Imagery adalah VISUALISASI, yang merupakan hasil kerja mental dalam diri seseorang yang dilakukan secara sadar dan disengaja. Imagery bertujuan untuk MEMBENTUK PERSEPSI TENTANG CITA-CITA PENDIDIKAN, CITA-CITA PEKERJAAN / KARIR, CITA-CITA KEUANGAN, dan sebagainya. 

Pengalaman saya dalam memberikan konsultasi kepada para remaja dan orang dewasa (awal) menunjukkan bahwa IMAGERY ini sangat besar pengaruhnya dalam bidang pendidikan maupun pekerjaan. Salah satu bentuk IMAGERY adalah membuat tulisan dan gambar-gambar di meja belajar / area belajar seperti pada foto di atas.

Foto di atas adalah IMAGERY yang dilakukan Agatha (anak saya) dalam bentuk FOTO, SKEMA, TABEL, KATA-KATA MUTIARA (termasuk pesan dari guru SMA-nya). Imagery ini MEMUDAHKAN saya dan istri sebagai orang tua dalam MENEMANI ANAK dengan cara "ngobrol" tentang apa yang menjadi cita-cita anak, dan apa saja yang bisa dilakukan orang tua untuk mendukung CITA-CITA anak.

Tentu saja, anak perlu memiliki meja / area belajar sebagaimana saya tuliskan dalam edisi 19 September 2022. Karena di meja belajar / area belajar itulah, anak BERKREASI tentang apa yang menjadi CITA-CITA-nya dan BAGAIMANA MEWUJUDKAN cita-cita itu.

Selamat mendukung anak untuk melakukan IMAGERY !

"MENEMANI ANAK = MENCERDASKAN BANGSA"

-----oOo-----

Ditulis oleh Dr. CONSTANTINUS, CH, CHt, MM, MM, M.Psi, Psikolog (Psikolog & Hipnoterapis pada HOLIPARET HYPNO). 

Holiparent Hypno adalah bagian dari HOLIPARENT RESEARCH & EDUCATION yang dikelola oleh Dr. SUSANA ADI ASTUTI, MM, M.Si.

HOLIPARENT HYPNO mendukung pengembangan potensi diri sejak 30 Mei 2007


HOLIPARENT RESEARCH & EDUCATION sejak 8 Mei 2002
BIRO PSIKOLOGI "Constantinus & Rekan" sejak 4 April 2018