Sabtu, 17 September 2022

Menemani Anak : MENDUKUNG ANAK BERKEMBANG DENGAN DOA & UPAYA



 


Agatha (dalam lingkaran kuning) studi S-2 di Belgia 
bersama teman-teman mahasiswa dari berbagai negara
(Foto : @itcbioscienceugent 20220916)

Pembaca setia Holiparent Yth.,

Sejak 8 Mei 2012, Holiparent hadir dengan cerita-cerita pengalaman tentang menemani anak. Sejalan dengan proses yang kami (Susan (istri saya) dan saya) jalani, Holiparent menuliskan cerita-cerita tentang menemani anak studi di luar negeri dengan beasiswa VLIR-UOS (Belgia).

Ibu / Bapak / Saudara / Saudari Yth.,

Tulisan kali ini adalah tentang pentingnya mendukung cita-cita anak sejak anak masih usia SD, meskipun kita sebagai orang tua tidak tahu banyak tentang bagaimana mewujudkannya nanti. Yang pasti, sebagai orang tua, kita mendoakan dan mengupayakan (dengan bertanya kepada orang yang kita pandang mempunyai pengetahuan, dengan membaca buku atau mencari informasi di internet / Wikipedia / Youtube / media sosial lainnya).

Sejak masih SD, Agatha memiliki cita-cita untuk kuliah di luar negeri. Dia membeli buku tentang kuliah di luar negeri, dan membacanya dengan sungguh-sungguh. Karena memiliki cita-cita seperti ini, Agatha sejak SD punya inisiatif ingin kursus Bahasa Inggris. Inisiatif anak inilah yang perlu didukung oleh orang tua. Dalam proses mendukung inisiatif anak, orang tua memberikan arahan berdasarkan ilmu, pengetahuan, dan teknologi TERKINI. Orang tua tidak bisa sebatas mengandalkan pengalaman empiris (pengalaman pribadi) di masa lalu (di masa mudanya) karena zaman sudah berubah ! (Ada tulisan yang sengaja saya tulis dengan warna merah dan cetak tebal, karena ada banyak kasus yang saya tangani terrkait hal ini).

Supaya orang tua dapat memberikan dukungan sesuai ilmu, pengetahuan, dan teknologi TERKINI (sesuai dengan DUNIA PENDIDIKAN dan DUNIA KERJA yang juga selalu berkembang), orang tua perlu terus belajar. Orang tua juga jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan psikolog yang paham dunia kerja untuk : (1) meng-upgrade pengetahuan tentang dunia kerja masa kini berbasis Psikologi Kerja / Psikologi Industri, (2) meng-upgrade pengetahuan tentang komunikasi untuk parenting remaja & dewasa berbasis Hypno Communication.  



Selamat menemani anak dalam doa dan upaya !

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa"


-----oOo-----


Tulisan dibuat oleh Dr. Constantinus, CH, CHt, MM, MM, M.Psi, Psikolog (Psikolog & Hipnoterapis di Holiparent) berdasarkan diskusi dengan Dr. Susana Adi Astuti, MM, M.Si (Direktur & Peneliti di Holiparent)