Minggu, 18 September 2022

ni Anak : ORTU BELAJAR SEPANJANG HIDUP UNTUK MENEMANI ANAK


PARENTING : orang tua perlu "terus belajar sepanjang hidup" untuk menjadi teman ngobrol bagi anak, ketika  anak memasuki dunia kerja & meniti karir di zaman yang berubah serba cepat
 

Sejak 8 Mei 2012, Holiparent menuliskan cerita-cerita nyata tentang PARENTING. Kalau pada awalnya, cerita-cerita parenting di Holiparent bertemakan MENEMANI ANAK USIA SD dan SMP, saat ini Holiparent menuliskan cerita-cerita tentang MENEMANI ANAK REMAJA & DEWASA AWAL (SMA / sederajat, ke atas).


*****


Slogan BELAJAR SEPANJANG HIDUP itu ternyata harus dijalani oleh siapapun yang mengaku sebagai ORANG TUA. Dan ini harus semakin intens ketika anak sudah SMA / sederajat, kuliah, bahkan memasuki dunia kerja dan meniti karir. Mengapa demikian ? Supaya orang tua bisa memberikan JAWABAN YANG TEPAT kalau anak bertanya kepada orang tua tentang PENDIDIKAN yang akan / sedang dijalani sebagai modal untuk memasuki DUNIA KERJA. Atau, supaya orang tua bisa memberikan GAMBARAN YANG TEPAT kalau anak bertanya tentang MENITI KARIR di DUNIA KERJA. 

PENGALAMAN orang tua DI MASA LALU ternyata TIDAKLAH CUKUP untuk memberikan JAWABAN atau GAMBARAN kepada anak yang sudah REMAJA & DEWASA (AWAL), karena anak hidup dan bekerja di dunia kerja versi INDUSTRY 4.0, dalam kondisi VUCA WORLD yang memerlukan VUCA PRIME, sedangkan orang tua (sangat bisa jadi) tidak mengalami dan tidak tahu tentang hal ini. Oleh karena itu, sekali lagi, orang tua harus terus BELAJAR SEPANJANG HIDUP untuk MENEMANI ANAK REMAJA & DEWASA (AWAL).



Jadi, tetaplah BELAJAR untuk MENEMANI ANAK !


"MENEMANI ANAK = MENCERDASKAN BANGSA"


*****


Ditulis oleh Dr. CONSTANTINUS, CH, CHt, MM, MM, M.Psi, Psikolog (Psikolog & Hipnoterapis di HOLIPARENT).