Senin, 19 September 2022

Menemani Anak : MEJA KERJA DI RUMAH

 


Masih tentang MENEMANI ANAK REMAJA & DEWASA (AWAL). Mohon maaf, kata yang dipilih adalah MENEMANI, bukan MENGASUH. Kalau anak sudah remaja apalagi sudah dewasa (awal) masih diasuh, memang tidak tepat. Tapi kalau DITEMANI, orang pada usia berapapun memang membutuhkan TEMAN YANG TEPAT. 


Pengalaman kami MENEMANI ANAK yang sudah REMAJA / DEWASA AWAL, adalah baik kalau orang tua mempunyai MEJA & KURSI KERJA di rumah. Dengan demikian, orang tua memang ada kegiatan BEKERJA / MENULIS / MEMBACA di MEJA KERJA sementara anak BELAJAR di MEJA BELAJARNYA.


MEJA & KURSI KERJA ORANG TUA ini tidak harus dalam RUANG KERJA KHUSUS, tetap bisa di sudut RUANG TENGAH / RUANG KELUARGA / RUANG TAMU. Kalau meja & kursi kerja orang tua ini letaknya dekat dengan meja belajar anak (sama-sama di ruang tengah / ruang keluarga / ruang tamu), boleh-boleh saja. Jadi, memang ada AURA BEKERJA & BELAJAR di MEJA KERJA di rumah, baik orang tua maupun anak. 


Pertanyaan yang muncul kemudian : kalau orang tua bekerja sebagai Dosen / Guru atau bekerja sebagai orang kantoran, wajar kalau mempunyai meja kerja di rumah. Tetapi bagaimana kalau orang tua yang pekerjaannya tidak ada hubungannya dengan tulis - menulis ?



Orang tua saya bekerja sebagai sopir. Di rumah orang tua saya, memang tidak ada meja kerja khusus. Tetapi ayah dan ibu saya biasa membaca koran atau menulis (zaman dulu, tahun 1970 - 1980-an, menulis surat kepada saudara / kenalan di Indonesia / Belanda, untuk kemudian dikirim lewat pos) di meja tamu yang juga berfungsi sebagai meja tulis / meja kerja. Jadi, saya sejak masih SD sampai kuliah SUDAH TERBIASA melihat ayah ibu juga MENULIS & MEMBACA di "MEJA KERJA" ayah ibu di rumah.


Selamat menulis dan membaca di meja kerja orang tua di rumah, sambil menemani anak.





"MENEMANI ANAK = MENCERDASKAN BANGSA"


Catatan :

Harga meja kerja orang tua di rumah bervariasi. Kami sendiri mempunyai meja kerja yang dibeli dari tukang meja di pinggir jalan dengan harga Rp 120.000 (ukuran 100 cm X 50 cm). Bagian atas meja kami tutup taplak plastik Rp 12.000 (ukuran 100 cm X 90 cm). Kemudian kami tutup dengan kaca ukuran 100 cm X 50 cm (beli di toko kaca Rp 80.000). Meja ini sama nyamannya dengan meja belajar ukuran 120 cm X 60 cm yang juga kami punya (beli di toko mebel, harga paling murah Rp 600.000).  Ada juga meja belajar yang kami beli dengan harga Rp 1.500.000 di toko mebel. Apa kesimpulannya ? Meja kerja / belajar untuk orang tua MENEMANI ANAK itu bukan masalah murah atau mahal, tetapi : (1) YANG PENTING ADA, (2) YANG PENTING RUTIN DIPAKAI BELAJAR / MEMBACA / MENULIS saat orang tua sedang di rumah. 


-----oOo-----


Ditulis oleh Dr. CONSTANTINUS, CH, CHt, MM, MM, M.Psi, Psikolog (Psikolog & Hipnoterapis di HOLIPARENT)