Rabu, 18 Juni 2014

KOMIK KIMIA



Puji syukur kepada Tuhan. Ujian kelulusan SMP baru saja diumumkan pada hari Sabtu tanggal 14 Juni 2014. Agatha (anak saya semata wayang) merupakan satu di antara sekian banyak murid SMP yang dinyatakan lulus. Mendapatkan nilau Ujian Nasional Bahasa Indonesia 8,80, Bahasa Inggris 9,40, Matematika 9,50, dan IPA 10,00 membuat Agatha sangat gembira. Tentu saja, ada murid lain yang nilainya lebih tinggi dari Agatha, ada juga yang lebih rendah. Bagaimana pun, hasil belajar ini patut disyukuri oleh para orang tua, sambil selalu MENEMANI ANAK untuk ingat bahwa YANG PENTING ADALAH PENGUASAAN MATERI-nya, dan bukan semata-mata "silau" dengan "tinggi-tinggian" nilai (mohon maaf, saya masih beberapa kali bertemu orang tua yang sukanya "tinggi-tinggian" nilai antara anaknya dengan teman anaknya. Kasihan anaknya, kalau memang "tidak kuat", sebab setiap anak dikaruniai bakat yang berbeda, bukan sekedar "nilai di sekolah" saja).



Tulisan kali ini bukan tentang nilai Ujian Nasional IPA-nya Agatha yang mendapat nilai 10,00 atau Matematika-nya yang mendapat nilai 9,50. Tetapi tentang bagaimana anak DITEMANI untuk membaca buku-buku yang SANTAI atau LUCU tetapi ILMIAH, yang menambah PENGETAHUAN anak (di saat anak dan orang tua sedang BERSANTAI BERSAMA). Salah satunya adalah seperti yang saya ceritakan di bawah ini.

Buku yang fotonya saya tampilkan di atas adalah buku KOMIK. (Ya, sampai usia 44 tahun sekarang ini, saya masih suka membaca komik bersama Agatha). Judul komik di atas adalah KARTUN KIMIA, ditulis oleh LARRY GONICK dan CRAIG CRIDDLE. Larry Gonick (seperti yang ditulis pada halaman akhir buku komik ini) adalah anak dan menantu ahli kimia. Dia pernah ingin menjadi ilmuwan, tetapi "dengan bijaksana membatalkan ide itu setelah memecahkan dua belas buah tabung percobaan dalam satu kali tiga jam yang menegangkan di laboratorium kimia". Saat ini, Larry Gonick menulis dan menggambar buku komik NON FIKSI dan menjadi staf kartunis untuk sebuah majalah. Dia hidup di California dengan keluarganya. (Kita merasakan, betapa biografi ini ditulis dengan gaya yang LUCU dan MENYENANGKAN).

CRAIG CRIDDLE adalah seorang PROFESOR Teknik Lingkungan dan Sain di Stanford University. Dia mengajar KIMIA AKUATIK dan BIOTEKNOLOGI LINGKUNGAN. Dia telah menulis banyak artikel tentang zat-zat kimia dalam air dan tentang PEMBERSIHAN AIR. Profesor Criddle dan istrinya tinggal di California (empat orang anaknya sudah dewasa dan punya rumah sendiri). Dia percaya bahwa "peralatan yang pecah adalah sesuatu yang wajar dalam sain". (Kita juga bisa merasakan, bahwa di sini pun, gaya yang digunakan juga LUCU dan MENYENANGKAN).

KOMIK memang sudah seharusnya hadir sebagai bacaan yang LUCU dan MENYENANGKAN, meskipun isinya ILMIAH dan MENAMBAH PENGETAHUAN. Apakah sebagai orang tua, kita sering berpikir terlalu serius dan TIDAK LUCU / TIDAK MENYENANGKAN (terutama bagi anak kita) ? Apakah sebagai orang dewasa, kita malu untuk membaca buku KOMIK sain (padahal kita juga belum paham tentang isi yang ditulis dalam komik ILMIAH itu) ?

Menemani anak membaca buku-buku komik ilmiah seperti ini sangat mengasyikkan. Pertama, tentu saja dalam rangka "ngobrol" dengan anak tentang apa yang ditulis dalam buku komik sain ini. Kedua, kita sendiri sebagai orang tua juga bisa menambah wawasan (meskipun dulu pernah mendapatkan ilmu ini saat kuliah) sekaligus "bernostalgia" (apa yang dulu terasa sulit dipahami ketika kita masih di sekolah, sekarang menjadi LUCU dan GAMPANG ketika membaca komik ilmiah ini). Saya sebagai Insinyur Perikanan lulusan Universitas DIponegoro pun (yang cukup akrab dengan kuliah Kimia Dasar, Kimia Non Organik, Kimia Organik, Biokimia, Kimia Pangan) tetap merasakan "indahnya" membaca buku komik ilmiah seperti ini di usia 44 tahun sekarang ini.

Memang, kualitas komik sain ini tidak diragukan, karena salah satu penulisnya adalah seorang PROFESOR di bidang ini. 

Jadi, mengapa kita harus malu untuk membaca buku komik sain seperti ini, baik untuk menambah wawasan maupun sekaligus untuk menemani dan ngobrol dengan anak kita ?

Marilah kita bersama dengan anak kita belajar hal-hal ilmiah lewat buku yang LUCU tetapi juga BERKUALITAS seperti buku Kartun Kimia ini. Dengan demikian anak juga memiliki PENGALAMAN bahwa MEMAHAMI sesuatu yang ILMIAH itu juga bisa dilakukan secara LUCU dan MENYENANGKAN lewat KOMIK SAIN.



Selamat menemani anak.
"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa".

-----oOo-----

Foto dan tulisan oleh Constantinus Johanna Joseph. Sarjana di bidang Ilmu Alam dan Ilmu Sosial. Anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI). Praktisi Psikologi Industri dan Komunikasi.

Dapat dihubungi lewat SMS di nomor 082 322 678 579, atau lewat e-mail : constantinus99@gmail.com. Alamat surat : Jl. Anjasmoro V nomor 24 Semarang 50149.