Rabu, 04 Desember 2019

VIP (Voluntary Internship Program) Psikologi : BUKAN MAGANG BIASA




Sejak ditawarkan pada hari Senin tanggal 2 Desember 2019, program Voluntary Internship Program (VIP) bagi para mahasiswa / fresh graduate S-1 maupun S-2 Psikologi mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat luas.

Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada Direktur HOLIPARENT Research & Education yaitu Ibu Susana Adi Astuti, S.Pi, MM, M.Si (Ilmuwan Psikologi Sosial) maupun kepada Managing Partner Kantor LAYANAN PSIKOLOGI Bapak Constantinus, S.Pi, S.Psi, MM, MM, M.Psi (Psikolog Industri).


Salah satu pertanyaan diajukan oleh Saudari KHARISMA PUTRI PRATIWI, mahasiswi S-1 Psikologi dari Universitas Negeri Semarang.

Mengingat pertanyaan ini akan berguna juga bagi masyarakat luas, dengan seizin dari Saudari Kharisma, edisi hari ini menampilkan tanya jawab antara Saudari Kharisma dengan penyelenggara  Voluntary Internship Program (VIP).

Semoga bermanfaat dan semoga kita semua selalu dalam berkat dan lindungan Tuhan Yang Mahaesa. Amin.






ooOoo

HOLIPARENT RESEARCH & EDUCATION bekerja sama dengan Kantor LAYANAN PSIKOLOGI "Constantinus, S.Pi, S.Psi, MM, MM, M.Psi, Psikolog & Rekan" segera akan membuka kursus jurnalistik untuk mahasiswa / fresh graduate S-1 / S-2 Psikologi. 



Kursus diberikan oleh Bernardina Agatha Adi Konstantia (wartawan kampus Unika Soegijapranata Semarang). 

Tunggu kabar selanjutnya !





TANYA : Izin bertanya, ini (Voluntary Internship Program atau VIP) apakah modelnya seperti pelatihan begitu, atau seperti magang pada umumnya ?



JAWAB : Voluntary Internship Program (VIP) ini modelnya pelatihan + magang. Peserta akan dibimbing membuat formulir-formulir kerja, prosedur operasi standar, flowchart, struktur, diagram, dan sebagainya yang sesuai dengan pilihan materi peserta. Semua ini menjadi bekal ketika nantinya sudah bekerja, dapat diterapkan / dimodifikasi sesuai kebutuhan di tempat kerja nantinya.

Jadi ini adalah magang di konsultan psikolog industri / konsultan MSDM, bukan sekedar mengisi form tapi bagaimana menerjemahkan aturan pemerintah menjadi formulir dan sebagainya.

Selama ini kalau magang di perusahaan itu 'kan harus seharian di kantor perusahaan tersebut. Padahal sekarang ini sudah era digital. Voluntary Internship Program (VIP) ini metode magangnya berbasis internet. Ada materi yang akan diajarkan lewat blog internet, ada tugas yang dikerjakan di rumah. Sedangkan pertemuan tatap muka dua kali seminggu sesuai jadwal yang dipilih itu adalah untuk membahas hasil karya dan melakukan focused group discussion.

Jadi memang bukan sekedar pelatihan dalam arti peserta duduk manis.
Juga bukan sekdar magang sebagai staf  pada umumnya di mana seharian harus di kantor.

Selamat menjalani VIP !