Senin, 23 Desember 2019

Komunitas Psikologi (industri, sosial, lingkungan) - Bagian 1


Komunitas Psikologi itu apa ?
Adalah wadah bagi para mahasiswa S1, lulusan S1, mahasiswa S2, lulusan S2, mahasiswa S3, lulusan S3 di bidang ilmu psikologi, ilmu sosial / humaniora, ilmu / teknologi rumpun pertanian (pangan, perikanan, pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, kelautan, dan sebagainya) untuk mengembangkan pola pikir dan kepribadian sebagai pekerja periset dan periset pekerja, melakukan riset,  dan menyebarluaskan hasil riset tentang industri - sosial - lingkungan.

Siapa pendiri Komunitas Psikologi ini ?
Sejarah Komunitas Psikologi sebagai wadah sebagaimana tersebut di atas dimulai dari diskusi dua orang mahasiswa dari Kelompok Pengajar (KP, cikal bakal Program Studi) S-1 Budidaya Perairan di tahun 1989 - 1995 yang bernama Constantinus dan Susana Adi Astuti. Saat ini, Susana Adi Astuti, S.Pi, MM, M.Si dan suaminya Constantinus, S.Pi, S.Psi, MM, MM, M.Psi, Psikolog adalah pendiri dan penggerak Komunitas Psikologi (Industri, Sosial, Lingkungan).

Apa hubungan antara Komunitas Psikologi dengan Holiparent Research & Education ?
Komunitas Psikologi adalah suatu komunitas, suatu wadah yang sifatnya non profit oriented. Sedangkan Holiparent Research & Education adalah usaha / bisnis di bidang riset dan pelatihan yang sifatnya profit oriented, dan memberikan program corporate social responsibility (CSR) berupa anggaran untuk kegiatan Komunitas Psikologi.

Apa kegiatan yang telah dan akan dilakukan Komunitas Psikologi ?
Kegiatan yang telah dilakukan oleh Komunitas Psikologi adalah pelatihan otomasi skoring alat tes kepribadian untuk kalangan psikologi sesuai dengan aturan dalam Kode Etik Psikologi Indonesia (KEPI), pelatihan metode penelitian untuk kalangan psikologi, dan sebagainya. Di tahun 2020, Komunitas Psikologi melakukan rekrutmen anggota baru bagi peserta Voluntary Internship Program (VIP) yang dinyatakan lulus dan memang berminat untuk bergabung ke dalam Komunitas Psikologi. VIP sendiri merupakan program gratis yang dijalankan oleh Holiparent Research & Education bekerja sama dengan Praktik Psikologi Constantinus & Rekan.

Apa keuntungan bagi yang aktif dalam Komunitas Psikologi ? 
Ada berbagai kegiatan untuk mendukung memasuki dan meniti karir di dunia kerja. Misalnya, kelompok studi tentang Kode Etik Psikologi Indonesia (KEPI) sebagai nilai lebih dalam bekerja, kelompok studi tentang pengembangan kompetensi di bidang hukum, manajemen, dan kerekayasaan (engineering) untuk kalangan psikologi, dan sebagainya.

Di mana sekretariat Komunitas Psikologi ?
Jalan Anjasmoro V no. 24 Semarang.
HP / WA :  082 136 424 089 (u/p Tinus)


(Bersambung)