Senin, 21 Januari 2019

HOLIPARENT TIPS : Menemani Anak Membuat Presentasi Kegiatan Ilmiah


Tips kali ini adalah tentang meng-up grade ketrampilan orang tua dalam menemani anak : membuat slide Power Point dengan disain yang menarik.

Sebagaimana kita ketahui bersama, saat ini anak usia SD kelas 5 atau 6, atau setidaknya usia SMP, sudah harus akrab dengan komputer dalam rangka menyelesaikan tugas sekolah.

Salah satu ketrampilan itu adalah membuat slide untuk presentasi dengan Power Point.

Power Point memang populer untuk digunakan, karena kemudahannya dan juga gratis. Power Point sudah ada dalam setiap komputer / notebook. Selain itu, banyak disain (template) yang menarik dapat di-down load secara gratis dari internet.

Masalahnya, disain (template) Power Point yang di-down load gratis dari internet pada umumnya membuat tulisan yang dibuat terputus / terpotong tidak sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia. 

Untuk mengatasi hal tersebut, ikuti tips berikut ini.

1. Buka slide Power Point disain baru yang sudah di-down load dari internet. Delete kotak untuk mengetik header (judul) & pointer (isi tulisan). 

2. Buka juga slide Power Point disain standar yang sudah ada di harddisk komputer / notebook. Tulislah judul pada kotak header dan tulisan di kotak pointer (seperti biasa).

3. Copy kotak header maupun pointer (yang sudah diisi tulisan) dari slide Power Point disain standar, kemudian paste ke slide Power Point disain baru

4. Save slide Power Point disain baru, dan delete slide Power Point disain standar (karena hanya sebagai alat bantu saja).

 Semoga bermanfaat bagi orang tua untuk menemani anak berkarya dengan slide Power Point.

Foto : Bernardine Agatha Adi Konstantia, jurnalis Holiparent

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa"

----- oOo -----



HOLIPARENT RESEARCH & EDUCATION CENTRE adalah pusat layanan parenting & leadership berfokus pada 3P (People, Planet, Prosperity). Berdiri sejak 5 Agustus 2012.

Managing Partner :
Susana Adi Astuti, S.Pi, MM, M.Si (Psi)

Kontributor :
Bernardine Agatha Adi Konstantia
Constantinus, S.Pi, S.Psi, MM, MM, M.Psi, Psikolog

Sekretariat :
Jl. Anjasmoro V no. 24 Semarang 50149
WA : 0852 1540 6189