Jumat, 18 Januari 2013

MENIMBULKAN RASA CINTA pada ILMU ALAM


Malam itu kami sekeluarga (anak, istri, dan saya) sedang jalan-jalan ke Toko Buku Gramedia di Jalan Pandanaran, Kota Semarang, ketika kami melihat ada buku dengan judul "Jawaban untuk Pertanyaan Sains" dipajang di salah satu rak buku toko tersebut.

Ditulis oleh William C. Robertson, Ph.D, buku ini memiliki gambar sampul yang cukup "jahil". Dan, justru gambar sampul seperti inilah yang membuat kami semakin tertarik untuk membeli buku ini.

********************

Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth.,

Seperti halnya pada tulisan-tulisan saya sebelumnya di blog pendidikan kreatif ini, saya memang punya semangat untuk mengajak orang tua menemani anak-anaknya mempelajari secara seimbang, baik Ilmu Alam maupun Ilmu Sosial. Dan kali ini, memang ini adalah buku tentang Ilmu Alam. 

Buku ini memang tepat untuk dijadikan bacaan orang tua (entah dulu waktu SMA maupun kuliah mengambil Jurusan Ilmu Alam atau Ilmu Sosial), juga untuk anak-anak (yang sudah mampu membaca dengan lancar).

Lalu, apa sih "untungnya" membaca buku ini ?

Tidak dapat dipungkiri, bahwa sebagian dari kita (yang saat ini menjadi orang tua) dulu (pada saat sekolah atau kuliah) memiliki "pengalaman yang tidak menyenangkan" dengan guru dan / atau pelajaran Ilmu Alam.

Nah, kalau kita (orang tua) ingin menemani anak untuk "mencintai" Ilmu Alam, tentunya di dalam diri kita sendiri SEKARANG INI harus terlebih dahulu kita tanamkan bahwa kita MEMANG MENCINTAI pelajaran Ilmu Alam (meskipun dulu pada saat kita sekolah dan kuliah kenyataannya TIDAK SUKA). Buku semacam "Jawaban untuk Pertanyaan Sains" seperti ini akan membantu kita untuk MENCINTAI pelajaran Ilmu Alam, karena sudut pandangnya yang praktis : MENJAWAB KEINGINTAHUAN (anak maupun kita) tentang KEJADIAN-KEJADIAN ALAMIAH dalam kehidupan sehari-hari.

********************

Jadi, selamat menemani anak untuk membaca buku-buku yang MENIMBULKAN RASA CINTA pada Ilmu Alam.
 
"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa"

-----o0o-----

Foto dan tulisan oleh Constantinus Johanna Joseph.
Anggota Himpunan Psikologi Indonesia nomor 03-12D-0922.
Sarjana di bidang Ilmu Alam dan Sarjana di bidang Ilmu Sosial.
Rumah : Jl. Anjasmoro V nomor 24 Semarang.
Telp. : 081 229 255 689.
e-mail : constantinus99@gmail.com