Jumat, 17 Agustus 2012

SAATNYA (MENGISI) LIBURAN SAMBIL BELANJA & BERSILATURAHMI


Suasana Lebaran sudah semakin "kental" terasa. Pasar menjadi penuh sesak luar biasa. Ini merupakan kejadian tahunan ----- setiap kali menjelang Lebaran ----- yang selalu membuat saya kangen untuk jalan-jalan ke pasar tradisional, menikmati suasana keramaian yang sudah begitu saya "akrabi" sejak kecil. (Sampai sekarang, saya masih senang dan sering jalan-jalan / belanja di pasar tradisional ini, bersama anak dan istri).

Foto di atas adalah foto di kawasan Pasar Johar di Semarang.

--------------------

Hari ini, 17 Agustus 2012, kebetulan berdekatan dengan Hari Raya Idul Fitri (2 hari lagi). Jadi, suasana liburan panjang sudah terasa pada tanggal 17 Agustus ini : bukan hanya memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan R.I. ke-67, tetapi juga mudik lebaran.

--------------------

Anak-anak sekolah tentu libur panjang juga. Setidaknya, kira-kira satu minggu. Lalu, apa yang dapat dilakukan dalam liburan ini ?

Namanya juga libur Lebaran. Mengunjungi sanak saudara, tetangga, kenalan sudahlah pasti.

Nah, kesempatan ini adalah kesempatan yang baik untuk menemani anak dalam meningkatkan "ketrampilan sosialnya". Orang tua menemani / mendukung anak untuk bercakap-cakap dan bergaul dengan sanak saudara yang mungkin hanya bertemu setahun sekali saat libur Lebaran.

Anak ditemani / didukung untuk tidak menjadi orang yang pemalu. Ditemani / didukung untuk berani berkenalan / menyapa sanak saudara yang jarang bertemu. Ditemani / didukung untuk "dengan sabar" mendengarkan cerita orang lain (sanak saudara). Ditemani / didukung untuk bercerita dengan "pilihan kata" dan "nada bicara" yang menyenangkan lawan bicara : tidak mengesankan "menyombongkan diri".

--------------------

Saat bersilaturahmi juga merupakan saat yang baik untuk membuat foto-foto keluarga (di zaman sekarang, bisa di-upload ke "facebook" atau dikirimkan ke "group BB").

Nah, anak perlu didukung supaya "berani" membuat foto-foto keluarga seperti ini. Ini akan membuat rasa percaya diri anak meningkat. Dan, kemudian komunikasi pun menjadi lebih lancar.

--------------------

Selamat menemani anak.

Selamat bersilaturahmi dengan sanak saudara / tema-teman lama sambil menemani anak supaya menjadi bisa beramah-taman dengan oang-orang (yang mungkin saja baru bisa bertemu ketika saat libur Lebaran saja).

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa".

-----o0o-----

Foto dan tulisan oleh Constantinus Johanna Joseph. Ilmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia nomor 03-12D-0922. Sarjana di bidang Ilmu Alam dan Sarjana di bidang Ilmu Sosial. Magister Manajemen di bidang Marketing, Praktisi Psikologi Industri, dan Praktisi Perbankan.