Senin, 03 April 2023

(8) BELANDA - BELGIA - PERANCIS : Catatan Perjalanan

Di dalam kereta cepat Inoui dari Stasiun Montparnasse ke Stasiun Lourdes, Sabtu 18 Maret 2022 pagi.


Pukul 05.00 CET pintu pagar Stasiun Montparnasse dibuka. Kami masuk ke stasiun yang megah dan modern untuk mendapatkan kereta Inoui yang akan membawa kami ke Lourdes.


Kereta Inoui yang akan kami naiki adalah kereta cepat, yang gerbongnya banyak sekali, sehingga kami harus berlari-lari mendapatkan gerbong kereta kami. Mengapa kami harus berlari-lari ? Karena semua orang juga berlari ! Semua orang sigap ! Dan kereta juga memang baru bisa dimasuki 20 menit sebelum keberangkatan !

Kami memesan tempat duduk untuk keluarga, sehingga bisa duduk berhadap-hadapan sambil ngobrol di perjalanan. 

Susan di dalam kereta cepat Inoui dari Stasiun Montparnasse ke Stasiun Lourdes.



Susan dan Agatha di dalam kereta dari Montaparnasse ke Lourdes.

Agatha, Susan, dan saya naik kereta Inoui paling pagi, dari Stasiun Montparnasse pukul 06.34 CET. Kereta ini sampai Stasiun Lourdes pukul 11.21 CET. 

Berbeda dengan di Belanda dan Belgia di mana banyak orang berbahasa Inggris, di Stasiun Montparnasse (Perancis) tidak banyak orang yang bisa bicara dalam Bahasa Inggris. Maklum, Bahasa Perancis juga merupakan bahasa internasional (seperti halnya Bahasa Inggris). Meskipun begitu, setiap kali kami bertanya tentang arah atau informasi lain dalam Bahasa Inggris, mereka paham dan dengan penuh semangat menjawab pertanyaan kami dalam Bahasa Perancis ! Dengan dibantu gerakan tangan dan bahasa tubuh, semuanya terbukti lancar !

Sabtu 18 Maret 2023 pukul 11.21 CET kami sampai di Stasiun Lourdes, Perancis.

Susan dan Agatha berfoto di samping kereta cepat Inoui di Stasiun Lourdes.

Agatha dan saya berfoto di samping kereta cepat Inoui di Stasiun Lourdes.



Kereta cepat Inoui yang kami naiki dari Mountparnasse ke Lourdes. Harga tiket untuk setiap orang adalah EUR 59 setara dengan Rp 1 juta.


Agatha dan saya berfoto di Stasiun Lourdes. Berbeda dengan Stasiun Montparnasse yang besar dan sangat ramai, Stasiun Lourdes berukuran kecil dan tenang.

(Bersambung)