Minggu, 02 April 2023

(6) BELANDA - BELGIA - PERANCIS : Catatan Perjalanan

Setelah makan malam (Kamis, 16 Maret 2023) di Leuven Centraal, Agatha naik bis kota kembali ke tempat tinggalnya di Housing Johannes XXIII di Tevurseveest 141, Heverlee, Leuven. Susan dan saya kembali ke Hostel Leuven City di  Ravenstraat 37, Leuven.

Jumat pagi, 17 Maret 2023, Susan dan saya naik taksi dari Hostel Leuven City ke tempat tinggal Agatha di Housing Johennes XXIII. Di Leuven, taksi harus dipesan lewat WA atau telepon 30 menit sebelumnya. Tarif taksi adalah EUR 2,7 per km, ditambah biaya awal EUR 3,0. Kami membayar ongkos taksi EUR 15,20 setara Rp 250.000.

Agatha akan berangkat kuliah naik sepeda. Susan (dan saya) akan jalan-jalan (berjalan kaki) dari Heverlee ke Leuven-Centraal.

Agatha menyewa sepeda dari KU Leuven. Nomor sepedanya adalah 0022.

Susan dan saya belanja di Carrefour di Heverlee, dekat Housing Johannes XXIII.

He he he ... Susan dan saya juga foto-foto di dekat papan nama KU Leuven yang kami lewati (meski itu bukan fakultas di mana Agatha kuliah).

Setelah berjalan kaki sekitar 1 jam, akhirnya kami sampai di Leuven-Centraal, di mana kami membeli makan siang kami di restoran Mc Donald.

Susan dan saya sengaja makan siang di taman terbuka yang terletak di sebelah restoran Mc Donald. Ada banyak orang laim juga yang makan siang di situ. Kami berlama-lama makan siang untuk melepas penat dan mengisi waktu dengan memperhatikan perilaku masyarakat setempat yang serba tertib dan suka berjalan kaki.

Menjelang sore, Susan dan saya berjalan jaki sekitar 1/2 jam dari Leuven-Centraal ke Stasiun Leuven. Kami duduk-duduk di pinggir lapangan terbuka, menikmati suasana sore yang tertib dan indah di Leuven, sambil menunggu Agatha datang (setelah selesai kuliah di KU Leuven di Heverlee), karena sore itu kami bertiga mau naik kereta dari Stasiun Leuven menuju Lourdes di Perancis (tentu dengan berganti-ganti kereta dan juga bis).