Sabtu, 01 April 2023

(4) BELANDA - BELGIA - PERANCIS : Catatan Perjalanan


STASIUN ROTERDAM - CENTRAL : dari Schiphol (Amsterdam) naik kereta menuju Leuven, lewat Stasiun Roterdam - Centraal dan Stasiun Breda.

Amsterdam terletak di utara Roterdam. Roterdam terletak di utara Breda. Jadi, kereta kami berjalan ke arah selatan. Belgia ada di selatan Belanda.

Dari Stasiun Breda (Belanda), kereta yang kami naiki lewat Stasiun Anstwerpen - Centraal, kemudian ke Stasiun Mechelen.

Sampai di Stasiun Mechelen, Susan dan saya harus ganti / pindah ke kereta jurusan Mechelen - Leuven (tiket sudah kami beli + bayar secara online dari Semarang, sebelum kami berangkat jalan-jalan).

Susan dan saya harus berlari-lari menaiki anak tangga di Stasiun Mechelen sambil membawa tas-tas dan kopor-kopor kami, supaya kami tidak ketinggalan kereta dari Mechelen yang akan segera berangkat ke Leuven. Saya sempat bilang ke Susan, "Kalau lari-lari sambil membawa kopor begini, bisa auto-kurus. Ha ha ha...".

Akhirnya, kami bisa bernafas lega karena bisa duduk di kereta menuju Leuven. Harga tiket Stasiun Schiphol (Amsterdam, Belanda) ke Leuven (Belgia) adalah EUR 108 setara dengan Rp 1,8 juta untuk dua orang. Lama perjalanan adalah 1 jam 20 menit.


Akhirnya, Susan dan saya sampai di Stasiun Leuven, tempat kami duduk santai sejenak sambil menunggu Agatha (putri kami, mahasiswi S-2 Teknologi Pangan di KU Leuven) datang dari kampus Heverlee (Leuven) sepulang kuliah. Saat itu sudah pukul 19.15 CET (waktu Belgia), tapi masih terang benderang.

Puji Tuhan ! Akhirnya Agatha sampai di Stasiun Leuven !


(Bersambung)