Sabtu, 01 April 2023

(3) BELANDA - BELGIA - PERANCIS : Catatan Perjalanan

(Cerita sebelumnya) Kami berangkat hari Kamis 16 Maret 2023  pukul 00.23 WIB naik pesawat Qatar Airways dari Bandara Cengkareng, dan sampai di Doha (Qatar) hari Kamis 16 Maret 2023 pukul 05.15 waktu Doha. Kemudian kami melanjutkan perjalanan dengan Qatar Airways dari Bandaea Doha pukul 08.15 waktu Doha, dan sampai Bandara Schiphol (Amsterdam, Belanda) pukul 13.15 CET (waktu Belanda).

Perjalanan dari Cengkareng (Jakarta) ke Doha sekitar 7,5 jam, sedangkan perjalanan dari Doha ke Schiphol (Amsterdam) sekitar 4,5 jam. Jadi total perjalanan 12 jam.

Harga tiket pesawat Cengkareng (Jakarta) - Schiphol (Amsterdam) transit di Doha untuk dua orang sekitar Rp 12,5 juta ditambah premi asuransi penerbangan untuk dua orang sekitar Rp 0,5 juta.

Kami langsung membeli tiket pergi & pulang (pulanh tanggal 27 Maret 2023) dengan harga Rp 25 juta untuk dua orang, ditambah premi asuransi penerbangan Rp 1 juta untuk dua orang. Total Rp 26 juta.

Meskipun ini bukan harga termurah, tapi ini adalah harga terbaik yang sesuai dengan jadwal jalan-jalan kami. Kami bisa mendapatkan harga ini karena kami sudah memesan tiket (dan membayar) pada 4 Februari 2023 untuk pesawat tanggal 16 Maret 2023 (lebih dari satu bulan sebelum waktu keberangkatan).

Oh ya, harga tiket pesawat terbang akan lebih mahal kalau membeli tiket semakin mepet dengan tanggal keberangkatan.

Kami juga membayar premi asuransi selama kami di Belanda - Belgia - Perancis (bukan di atas pesawat terbang) tanggal 16 sampai 27 Maret 2023 sejumlah Rp 0,5 juta.

Setelah mendarat di Bandara Schiphol, Amsterdam (Belanda), kami naik kereta menuju Leuven. Kereta melalui beberapa kota di Belanda, seperti Roterdam (Belanda) dan Breda (Belanda), Antwerpen (Belgia) sebelum akhirnya kami harus pindah ganti kereta di Mechelen (Belgia).

Susan dan saya di dalam kereta dari Schiphol (Amsterdam, Belanda) ke Mechelen (Belgia) pada hari Kamis, 16 Maret 2023 pukul 15.43 CET sampai pukul 17.37 CET.

Tiket kereta dari Schiphol (Amsterdam, Belanda) ke Leuven (Belgia) juga sudah kami beli di Semarang pada tanggal 12 Maret 2023. Harga tiket untuk dua orang sekitar EUR 108 setara dengan Rp 1,8 juta.
Lama perjalanan dari Schiphol ke Leuven adalah 1 jam 20 menit, dengan transit / ganti kereta di Stasiun Mechelen (Belgia).

Selain udara dingin dan orang (dan mobil / sepeda motor) yang berjalan di sisi kanan jalan, kami juga harus langsung beradaptasi dengan cara berjalan orang-orang yang cepat sekali. Kami tidak bisa berjalan santai seperti di Indonesia (kalau tidak mau ditabrak sesama pejalan kaki). Ha ha ha...

Pada saat pindah / ganti kereta di Stasiun Mechelen, Susan dan saya juga harus berlati-lari mengejar kereta Mechelen - Leuven yang akan segera berangkat. Kami harus berlari menaiki anak tangga dengan membawa tas-tas dan kopor-kopor kami. Memang harus sigap !