Sabtu, 15 April 2023

(12) BELANDA - BELGIA - PERANCIS : Catatan Perjalanan

 

Foto bersama di pintu gerbang kompleks tempat ziarah Goa Maria di Lourdes


Kompleks tempat ziarah Goa Maria di Lourdes


Hari Sabtu 18 Maret 2023 pukul 16.41 CET, sampailah kami bertiga di kompleks ziarah Goa Maria di Lourdes. Sungguh merupakan anugerah dari Tuhan, bahwa kami bisa sampai di tempat ziarah ini dalam keadaan sehat walafiat. Cuaca yang cerah dan udara dingin menjadi satu dengan pemandangan alam yang begitu mempesona !

Foto di depan Basilique Notre-Dame du Rosaire






Karena bukan bulan Mei dan Oktober, maka tidak banyak peziarah yang datang di tempat ini. Memang, kami sengaja datang di saat tidak banyak peziarah, supaya bisa menikmati indahnya suasana dalam keheningan.




Kebetulan sekali, pada saat kami sampai BASILIQUE NOTRE-DAME DU ROSAIRE, sedang ada MISA sehingga kami mengikuti MISA dan bisa menerima KOMUNI. 

Misa diadakan dalam bahasa Spanyol. Meskipun kami tidak tahu arti kata demi kata, tetapi kami bisa paham dan mengikuti MISA tersebut karena nada lagu dan tata urutannya sama persis dengan MISA dalam bahasa Indonesia. 

Bagian dalam Basilique Notre-Dame du Rosaire



Foto bersama di dalam gedung Basilique Notre-Dame du Rosaire setelah mengikuti MISA

Masih di gedung Basilique Notre-Dame du Rosaire, di bagian kiri gedung ada tempat untuk berdoa dengan perantaraan Santa Bernadette Soubirous.


Seluruh dinding di bangunan tempat doa ini dipenuhi dengan ukiran nama-nama orang yang doanya terkabul. Karena kondisi bangunan tempat doa yang hanya diterangi cahaya lilin dan warna dinding bangunan adalah abu-abu tua, maka kami tidak bisa memotret ukiran nama-nama yang memenuhi dinding bangunan tempat doa. 
Foto bertiga di ruang doa




(Bersambung)