Minggu, 16 Oktober 2022

Menemani Anak di Era Digital : Sex Education, Anti Narkoba, Anti Bullying

Bertempat di gedung SMK Pangudi Luhur Tarcisius Semarang, Dr. Constantinus, S.Pi, S.Psi, MM, MM, M.Psi, Psikolog dan Dr. Susana Adi Astuti, S.Pi, MM, M.Si pada hari Sabtu 15 Oktober 2022 berbagi cerita tentang MENJADI TEMAN BAGI ANAK DI ERA DIGITAL.

(Foto : Dr. Constantinus dan Dr. Susana Adi Astuti sebagai pembicara)

Acara yang diadakan oleh SMK Pangudi Luhur Tarcisius ini diikuti oleh para orang tua / wali murid SMK PL Tarcisius, dengan judul "ANAKKU ADALAH BUAH HATIKU".


(Foto : Dr. Constantinus bersama Ibu Siwi, guru SMK Pangudi Luhur Tarcisius)

(Foto : Ibu There, guru SMK Pangudi Luhur Tarcisius, sedang memberikan pengantar pada acara PARENTING dengan judul "ANAKKU ADALAH BUAH HATIKU")


Dr. Susana Adi Astuti (ilmuwan psikologi dari Holiparent Research & Education) memaparkan perlunya orang tua / wali murid menjadi THE BEST FRIEND / TEMAN TERBAIK bagi anak, sehingga anak bersikap terbuka menceritakan permasalahan yang dihadapinya. "Kalau anak memakai INSTAGRAM misalnya, orang tua juga juga memakai INSTAGRAM dan saling mem-follow dengan anak. Di era digital sekarang ini, anak BERCERITA tentang dirinya melalui "posting" yang dibuatnya di Instagram. Dengan menjadi "teman" di Instagram, orang tua dapat melakukan OBSERVASI tentang apa yang dialami oleh anak, sehingga dapat bertindak dengan tepat sesuai kondisi anak," kata Susana.

(Foto : Dr. Susana Adi Astuti, S.Pi, MM, M.Si, Ilmuwan Psikologi dan Direktur Holiparent Research & Education)

Pembicara lain, Dr. Constantinus, S.Pi, S.Psi, MM, MM, M.Psi, Psikolog menjelaskan tentang perlunya orang tua / wali murid mendampingi anak supaya anak tidak bermasalah terkait dengan perilaku sex menyimpang maupun penyalahgunaan markoba maupun bullying. "Hati-hati juga demgan JEJAK DIGITAL di berbagai media massa di internet. Sudah ada kejadian di mana calon karyawan tidak jadi diterima masuk kerja karena jejak digitalnya menunjukkan foto atau video yang menjurus ke pornografi."



Acara parenting berjalan dengan lancar, diikuti orang tua / wali murid sesuai jadwal yang ditentukan pihak SMK Pangudi Luhur Tarcisius.







Bahkan setelah acara parenting selesai, peserta begitu antusias bertanya jawab dengan Dr. Susana dan Dr. Constantimus tentang pengalamannya dalam menemani anak. Ini menunjukkan bahwa kegiatan parenting ini begitu dirasakan manfaatnya, antara lain oleh Ibu Bambang yang merupakan pensiunan guru dan Ibu Roslija yang bekerja menjalankan fungsi manajemen di sebuah perusahaan. 



Antusiasme orang tua juga terlihat dari hadirnya pasangan suami istri Bapak Anton dan Ibu Anton, yang memberikan perhatian penuh pada materi yang dipaparkan para pembicara.



(Foto : Dr. Constantinus ber-swafoto di sela-sela acara parenting)

Sungguh luar biasa para orang tua / wali murid yang meluangkan waktu untuk MENAMBAH PENGETAHUAN tentang PARENTING.

Dan sungguh luar biasa pihak SMK Pangudi Luhur Tarcisius yang memberikan FASILITAS bagi para orang tua / wali murid untuk mengikuti kegiatan parenting ini.

"MENEMANI ANAK = MENCERDASKAN BANGSA"



Foto oleh Bu Siwi, Dr. Susana, Dr. Constantinus

Tulisan oleh Dr. Constantinus








HOLIPARENT Research & Education

Kedaton Terrace D9/03, BSB City, Semarang

skot.holiparent.com

Phone : 0852 1540 6189