Minggu, 13 Desember 2020

Lingkungan, Pandemi, dan Produktivitas (Bagian 1)

 


Foto oleh : Bernardine Agatha Adi Konstantia (1)

(1/500 sec; f /4.5; 33 mm; ISO 1600; Canon EOS 550D; 8 Nov 2013)


Tulisan oleh :

Dr. (Cand) Susana Adi Astuti, S.Pi, MM, M.Si (2)

Dr. (Cand) Constantinus, S.Pi, S.Psi, MM, MM, M.Psi, Psikolog (3)


"Apakah pandemi ini ada kaitanya dengan lingkungan tempat kita hidup ?", begitulah pertanyaan yang muncul dalam beberapa kesempatan diskusi dengan para direktur maupun komisaris perusahaan. 


Kami menjawab dengan praktis saja, "Mari kita lihat kenyataan lingkungan tempat kita bekerja. Apakah sudah ada cukup banyak cahaya matahari yang masuk ? Apakah cukup banyak sirkulasi udara yang masuk terutama ketika cuaca cerah, atau selalu menggunakan AC (air conditioner) ? Apakah kepadatan populasi karyawan yang ada di suatu ruangan tempat kerja tidak terlalu tinggi ?"


Mendengar apa yang kami katakan, biasanya terdengar jawaban, "Saya tidak tahu". Atau, "Di tempat saya, tidak".


Harus diakui bahwa kebanyakan dari kita memang memiliki pandangan bahwa lingkungan di mana kita hidup maupun bekerja adalah sebatas tempat saja. Kebanyakan dari kita memang tidak memiliki pandangan bahwa lingkungan di mana kita hidup maupun bekerja sangat besar pengaruhnya pada diri kita melalui "jalur kesehatan psikologis" maupun melalui "jalur kesehatan fisik".  Lingkungan yang baik akan membuat kita sehat secara psikologis maupun fisik, sehingga kerja kita jadi produktif dan hidup kita jadi sejahtera (sebagai salah satu faktor penentu kebahagiaan). Demikian pula sebaliknya.


(Bersambung)


-----

(1) Mahasiswa S-1 Teknologi Pangan Unika Soegijapranata (sedang menyelesaikan penelitian untuk skripsi), aktivis pers kampus & kegiatan kepemimpinan, fotografer & penulis.

(2) Kandidat Doktor Unika Soegijapranata Semarang, employment counselor & trainer di bidang psikologi & manajemen, Direktur Holiparent Research & Education. Anggota HIMPSI nomor 20190017. Bersertifikat Manajemen SDM dengan skema SKKNI.

(3) Kandidat Doktor Unika Soegijapranata Semarang, employment counselor & trainer di bidang psikologi & manajemen, psikolog praktik dengan SIPP 1456-20-2-2. Anggota HIMPSI nomor 20120109. Bersertifikat Manajemen SDM dengan skema SKKNI.



HOLIPARENT RESEARCH & EDUCATION : Kedaton Terrace D9/03, BSB City, Semarang

HOLIPARENT TAMAN KREATIF : Permata Quanta AA I / 5, Permata Puri, Ngaliyan, Semarang

HOLIPARENT PSIKOLOGI & MANAJEMEN : Kedaton Terrace D9/03, BSB City, Semarang