Jumat, 14 Desember 2018

Menemani Anak : Mendukung Anak untuk Mempersiapkan Diri Memasuki Dunia Kerja

Gambar : 
Susana Adi Astuti, S.Pi, MM, M.Si
(pemerhati biopsychosocial) sedang menjadi pembicara dalam pembekalan bagi siswa SMK Pangudi Luhur Tarcisius Semarang tentang MENCARI, MENDAPATKAN, & MENITI KARIR DI DUNIA KERJA


"Mencari, mendapatkan, dan meniti karir di dunia kerja tidak berarti harus menjadi karyawan," kata saya di hadapan pembekalan selama 4 hari dari tanggal 10 sampai 13 Desember 2018 bagi siswa SMK Pangudi Luhur Tarcisius Semarang. "Sebab, selain mencari, mendapatkan, dan meniti karir di dunia kerja sebagai karyawan, bisa juga sebagai wirausahawan. Atau bisa juga mengombinasikan keduanya. Artinya, selain bekerja sebagai karyawan, juga memiliki usaha sendiri sepanjang tidak memgganggu maupun dilarang oleh perusahaan".

Kalimat di atas saya sampaikan dengan jelas, untuk mendukung para siswa kelas XII yang sebentar lagi akan menjalani ujian, dan setelah lulus berarti sudah harus siap untuk memasuki dunia kerja. 

Apa yang saya sampaikan ini didasarkan pada dua hal. Pertama, saya sudah bekerja sebagai salesman freelance, dan kemudian memiliki usaha les privat yang saya rintis sendiri setelah saya lulus SMA. Kedua, sekarang ini saya melihat bahwa sikap mental untuk meniti karir sebagai karyawan dan sikap mental untuk meniti karir sebagai wirausahawan harus sama-sama digelorakan secara seimbang.

"Kalau tidak ingin disebut sebagai pengangguran, caranya sederhana saja. Hari ini adik-adik selesai ujian akhir untuk kelulusan, besok sudah berjualan pisang goreng atau keripik tempe. Tidak usah banyak-banyak, karena modal juga cuma pas-pasan. Yang penting dimulai dulu. Mungkin keuntungannya cuma sedikit. Tidak apa-apa. Yang penting menempa sikap mental dan punya pengalaman. Kalau tidak bisa membuat pisang goreng atau keripik tempe, minta tolong kepada ibu atau tetangga yang bisa. Yang penting harus kreatif dan ulet. Saya dulu ke mana-mana berjualan dan jadi guru les privat hanya berjalan kaki karena tidak punya sepeda motor. Jangan cengeng, jangan banyak alasan," kata saya.

(Bersambung)

Gambar : 
Siswa SMK Pangudi Luhur Tarcisius menyimak pembekalan tentang "MENCARI, MENDAPATKAN, & MENITI KARIR DI DUNIA KERJA"





Gambar :
Constantinus, S.Pi, S.Psi, MM, MM, M.Psi, Psikolog
(Psikolog Praktik & Pemerhati Ecopsychology) sesaan setelah menjadi pembicara dalam pembekalan bagi siswa SMK Pangudi Luhur Tarcisius tentang "MENCARI, MENDAPATKAN, & MENITI KARIR DI DUNIA KERJA"

*****

Selamat menemani anak.

Selamat menemani anak untuk memasuki dunia kerja.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa"

----- oOo -----

 Susana Adi Astuti, S.Pi, MM, M.Si
Constantinus, S.Pi, S.Psi, MM, MM, M.Psi, Psikolog
adalah peneliti pada HOLIPARENT RESEARCH CENTRE

 Sekretariat : 
Jl. Anjasmoro V no. 24 Semarang 50149