Rabu, 04 Februari 2015

BELAJAR ALA FINLANDIA (SEKEDAR TAHU)



Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak pembaca Blog Inspirasi Pendidikan Kreatif "Holiparent" yang saya hormati,

Pagi ini saya sedang membuka akun Facebook saya (Si Jurai Constantinus), dan saya menemukan sebuah tulisan yang ditautkan oleh seorang teman, yang menurut saya menarik untuk kita simak. Tentu saja, tidak berarti kita bisa langsung meniru 100% apa yang tertulis di situ, tetapi bisa menambah keyakinan kita bahwa dalam proses belajar, anak harus dalam suasana GEMBIRA dan JUSTRU BANYAK BERMAIN, meskipun MENGHAFAL JUGA PERLU.

Tulisan ini dibuat oleh Ibu Hardiana Noviantari pada tanggal 5 Desember 2014 dengan judul SEKOLAH CUMA 5 JAM, TANPA PR & UJIAN NASIONAL, KENAPA PELAJAR DI FINLANDIA BISA PINTAR ?

Sekali lagi, ini tidak otomatis 100% bisa kita tiru begitu saja, karena secara GENETIS / FAKTOR KETURUNAN bisa saja berbeda, dan secara PROSES BELAJAR SOSIAL / KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI KELUARGA DAN MASYARAKAT juga bisa saja berbeda.

PERTAMA,

Di Finlandia, anak baru boleh bersekolah setelah usianya 7 tahun.

KEDUA,

45 menit belajar, 15 menit istirahat.

KETIGA,

Semua sekolah negeri bebas biaya, sekolah swasta juga diawasi ketat agar tetap terjangkau masyarakat.

KEEMPAT,

Semua guru dibiayai kulias sampai lulus Master. Gaji guru merupakan salah satu yang tertinggi di Finlandia.

KELIMA,

Guru adalah orang yang paling tahu bagaimana cara mengevaluasi murid-muridnya, karena itu Ujian Nasional tidak diperlukan.

KEENAM,

Murid SD-SMP hanya belajar 4-5 jam sehari. Ketika sudah SMP dan SMA, mereka belajar seperti mahasiswa kuliah (hanya datang pada jam pelajaran yang mereka PILIH; mereka tidak datang karena TERPAKSA).

KETUJUH,

Tidak ada ranking siswa di sekolah.

Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak yang terhormat,

Itulah sharing tentang pendidikan di Finlandia. Untuk membaca tulisan selengkapnya, silakan membuka www.hipwee.com dengan judul SEKOLAH CUMA 5 JAM, TANPA PR & UJIAN NASIONAL, KENAPA PELAJAR DI FINLANDIA BISA PINTAR ?

Selamat menemani anak.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa"

-----o0o-----