Minggu, 14 Juli 2013

Menemani Anak - MEMBUAT FOTO MIRIP



Bosan dengan rutinitas ? Lakukanlah hal-hal unik dengan keluarga.

Membuat foto yang mirip tokoh, misalnya. Setidaknya, rambut atau ekspresi atau apanya. Tujuannya memang untuk menyegarkan suasana.



Iseng-iseng, saya memotret foto Beethoven dari sebuah buku (saya bahkan sudah lupa judul bukunya), dan menunjukkan foto itu kepada anak saya. Itu sudah lama berlalu, tetapi anak saya maupun saya masih ingat tentang foto Beethoven yang saya buat dengan kamera handphone itu.

Kebetulan, dalam sebuah acara keluarga (keluarga adik istri saya dan keluarga saya), kami memancing di pemancingan di kawasan Jimbaran dekat Bandungan, Kabupaten Semarang. Sambil menunggui anak-anak memancing ikan, istri saya tidur-tiduran di tepi pemancingan.



Nah, pada saat bangun, rambut istri saya acak-acakan. Anak saya langsung meletakkan alat pancingnya, kemudian mengambil kamera dan memotret ibunya. Hasilnya ? Anak saya dan saya sepakat : rambutnya mirip Beethoven !



Setelah itu, dalam WAKTU SENGGANG di rumah, anak saya, istri saya, dan saya mengotak-atk bersama kedua foto itu : istri saya yang rambutnya acak-acakan dan Beethoven. Kedua foto itu dijajarkan, kemudian diedit. Jadilah foto unik hasil karya keluarga : saya membuat reproduksi foto Beethoven, anak saya memotret ibunya dengan rambut mirip Beethoven, dan istri saya yang jadi foto modelnya ! Sedangkan proses editingnya digarap bersama-sama.



Itulah sebuah cerita tentang membuat sebuah kegiatan bersama keluarga. Yang penting ada kebersamaan, dan anak ikut berperan aktif di dalamnya.

Selamat menemani anak.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa"

-----o0o-----

Foto oleh Bernardine Agatha Adi Konstantia dan Constantinus.

Bernardine Agatha Adi Konstantia adalah murid kelas 9E SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang.

Tulisan oleh Constantinus, Ilmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia nomor 03-12D-0922. Sarjana di bidang Ilmu Alam dan Ilmu Sosial.