Rabu, 22 Mei 2013

Menemani Anak - MENGENALKAN "PEKERJAAN BARU"



Minggu lalu saya ngobrol dengan Mas Wawan dan Mas Kris, teman saya di Litbang (Koran) Kompas Jakarta. Mas Wawan adalah teman lama saya ketika kuliah S-1 di Undip tahun 1989-1994. Bedanya, Mas Wawan kuliah di Fisip - Komunikasi, saya kuliah di Perikanan - Akuakultur. Sudah lama kami tidak bertemu : sejak lulus tahun 1994 sampai 2013 ini.

Kami bertiga ----- Mas Wawan, Mas Kris, saya ----- ngobrol sampai pk. 01.00 dinihari. Ngobrol sana -ngobrol sini, mulai sastra, manajemen, hingga humaniora.

Kebetulan, anak saya juga bertemu dengan Mas Wawan. Kepada anak saya katakan bahwa Mas Wawan bekerja di Litbang (Koran) Kompas.

Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth.,
Adakalanya kita berjumpa dengan teman atau saudara yang bekerja di bidang yang "selama ini belum diketahui oleh anak kita". Kesempatan seperti ini baik untuk kita gunakan dalam rangka MENEMANI ANAK : MENGENAL PROFESI / PEKERJAAN "BARU". Jadi, anak tidak hanya tahu tentang pekerjaan dokter, insinyur, pengacara, bankir saja. Ini akan membuat anak semakin KAYA pengetahuannya tentang berbagai pekerjaan yang ada. Anak jadi bisa punya lebih banyak cita-cita tentang "kelak akan jadi apa".

Selamat menemani anak.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa"

-----o0-----

Tulisan oleh Constantinus Johanna Joseph. Ilmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia nomor 03-12D-0922. Sarjana di bidang Ilmu Alam dan Ilmu Sosial.