Jumat, 24 Mei 2013

Menemani Anak - MEMPERSIAPKAN BELAJAR UNTUK SEMESTER DEPAN



Di sela-sela kegiatan kuliah malam hari, pasti ada saat-saat libur kuliah. Biasanya setelah Ujian Semester. Ini adalah saat-saat yang membahagiakan untuk saya sebagai mahasiswa (saya sudah bekerja dan sudah punya anak istri ketika kuliah malam, baik di Fakultas Hukum maupun di Fakultas Psikologi. Hanya ketika kuliah di Perikanan saja saya belum menikah, meskipun sudah bekerja jadi guru les privat di tahun 1989-1995).

Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth.,
Saat-saat libur kuliah seperti ini ----- sekali lagi ----- memang menyenangkan, bisa bersantai. Bukan berarti saya tidak suka / merasa tertekan untuk kuliah. Tetapi sungguh, liburan kuliah memang menyenangkan.

Dan justru di sinilah saya biasanya menggunakan kesempatan ini untuk memberi contoh sekaligus menemani anak : meskipun liburan, saya tetap rutin membaca dan meringkas buku-buku kuliah di rumah, juga buku-buku kuliah SEMESTER MENDATANG yang sengaja sudah saya beli lebih dulu, supaya saya bisa belajar lebih dulu. Ini namanya PLANNING.

Dengan demikian, pada saat anak saya ajak ke toko buku ----- biasanya ke Gramedia ----- untuk membeli buku-buku pelajaran SEMESTER MENDATANG, anak tidak protes, karena saya pun menjalani / memberikan CONTOH YANG SAMA. Anak kita temani untuk MENGISI WAKTU LIBURAN untuk melakukan PLANNING DAN PERSIAPAN BELAJAR lebih awal. Tentu saja, mumpung liburan, anak juga kita ajak / temani untuk jalan-jalan, main musik bersama, baca buku-buku komik bersama, dan sejenisnya.

Intinya, liburan ya tetap liburan, tetapi jangan lupa untuk MEMBAGI WAKTU membuat planning dan persiapan belajar lebih awal.

Selamat menemani anak.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa".

-----o0o-----

Tulisan oleh Constantinus Johanna Joseph. Ilmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia nomor 03-12D-0922. Sarjana di bidang Ilmu Alam dan Ilmu Sosial.