Kamis, 23 Mei 2013

Menemani Anak - KREATIVITAS ITU MENGOMBINASIKAN KARYA-KARYA YANG SUDAH DIBUAT SEBELUMNYA



Di SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang, ada topik "My New Me" dalam pelajaran Bahasa Inggris kelas VIII. Murid diberi tugas untuk presentasi di depan kelas tentang "khayalan"-nya : sebagai orang lain (bukan dirinya sendiri).

Mendapat tugas seperti ini, anak saya senang sekali, karena dia memang senang "berkhayal" / menulis cerita fiksi.

Tetapi, bukan itu inti yang mau saya "sharing"-kan.

Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth.,
Dalam presentasi "My New Me" tanggal 22 Mei 2013 di kelasnya, anak saya juga membawakan / menyanyikan lagu ciptaannya sendiri : menyanyi dan main gitar. (Lagu ciptaannya ini dapat dilihat di artikel blog ini sebelumnya, kalau tidak salah di bulan Maret atau April 2013. Mohon maaf, video ini hanya dapat dilihat dengan personal computer / laptop / notebook. Untuk melihatnya dengan tablet / smartphone / sejenisnya, harus diinstal software sesuai jenis / merek masing-masing).

Kebetulan, memang lagu ciptaan anak saya ini (dia menciptakannya di tahun 2012, tetapi baru selesai di awal 2013) memang "nyambung" dengan isi / materi "My New Me" yang dibuat anak saya.

Anak saya dengan penuh semangat pagi ini (Kamis, 23 Mei 2013) bercerita kepada saya betapa teman-temannya dengan penuh semangat memberikan dukungan dan tepuk tangan. "Seperti pentas musik," kata anak saya. Katanya, Ms. Etna ----- guru Bahasa Inggris ----- juga berkomentar, "Ternyata di kelas ini ada satu orang artis lagi". Ditambah lagi, teman-temannya juga bertanya, "Itu lagu ciptaanmu sendiri, ya ?"

Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth.,
Tentu saja kita ikut senang mendengar cerita seperti itu. Tetapi yang saya pesankan kepada anak adalah : bahwa KREATIVITAS itu adalah sebuah PROSES yang terus-menerus. Bahwa SUATU KARYA dihasilkan di masa lalu, kemudian DIGABUNGKAN dengan karya kita di masa kini, sehingga menjadi karya yang BERMUTU, dan itu ----- sekali lagi ----- tidak bisa instan.

Selamat menemani anak.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa".
-----o0-----

Tulisan oleh Constantinus Johanna Joseph. Ilmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia nomor 03-12D-0922. Sarjana di bidang Ilmu Alam dan Ilmu Sosial.