Senin, 26 November 2012

MELATIH KEPEKAAN KOMPOSISI



Hari Minggu kemarin saya olah raga murah meriah dengan berjalan kaki ke pantai yang letaknya 1 jam perjalanan kaki dari rumah.

Ada banyak orang yang berwisata dengan keluarganya di pantai ini. Anak-anak kecil asyik didampingi orang tuanya memberi makan rusa totol  yang berada di dalam kandang. Memang ada orang yang duduk di dekat kandang rusa totol itu, menjual daun-daunan untuk pakan rusa totol. Memang, ini bukan kebun binatang dengan koleksi binatang yang lengkap. Tetapi memberi makan rusa sudah membuat anak-anak ini gembira.

--------------------



Saya sendiri bersama dengan istri dan anak berjalan-jalan di dermaga kayu yang sederhana, yang terbuat dari bilah-bilah kayu. Kami membawa kamera digital, dan kesempatan seperti ini bisa digunakan untuk refreshing sekaligus belajar di alam terbuka : membuat foto dengan objek yang cenderung tidak biasa, yang mengasah kepekaan masalah komposisi gambar. Yang saya maksud adalah ini : mengajak anak untuk memiliki rasa barang apa yang indah untuk dipotret, dan dari sudut pandang mana.

Teori tentang ini memang banyak ditulis di buku-buku, tetapi ketrampilan seperti ini hanya bisa didapat dari praktek.

"Seni itu masalah rasa. Dan itu menentukan indah tidaknya karya," saya selalu berkata demikian kepada anak saya. Juga kepada diri saya sendiri. "Saya sudah banyak bertemu orang yang kameranya luar biasa mahal, tetapi hasil fotonya tidak enak dilihat, karena sudut pangambilan gambarnya tidak pas".

---------------------



Memotret dapat menjadi alat yang efektif untuk memulai bersosialisasi dengan banyak orang ketika orang sudah dewasa / di dunia kerja. Itu pengalaman saya. Terus terang, karena saya tidak menarik secara fisik, tidak mahir olah raga yang di-favorit-kan kebanyakan orang, tidak bisa main gitar dan suara saya pun pas-pas-an kalau menyanyi. Maka, memotret dan membagi-bagikan foto menjadi sarana memulai sosialisasi dengan banyak orang.

Dari pengalaman pribadi seperti inilah, saya selalu memberikan sharing kepada banyak orang tentang perlunya menemani anak mengasah ketrampilan memotret, mengasah kepekaan tentang komposisi dan sudut pengambilan gambar. Shingga bisa menghasilkan foto yang enak dilihat.

Ya. Siapa tahu, ini memang berguna untuk anak kita nantinya ?

----------------------

Selamat menemani anak.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa".

-----o0o-----

Tulisan oleh Constantinus Johanna Joseph.

Foto-foto oleh Bernardine Agatha dan Constantinus.