Jumat, 26 Oktober 2012

ANAK BELAJAR DARI PENGALAMAN NYATA


Siswa-siswi kelas 8 dan siswa-siswi kelas 7 Akselerasi SMP PL Domenico Savio pada tanggal 25 Oktober 2012 mengikuti kegiatan Studi Wisata ke Yogyakarta. 

Ada hal-hal menarik yang layak untuk kita renungkan bersama dalam blog inspirasi pendidikan kreatif ini.


Yang pertama adalah menyadari bahwa setiap manusia (anak / siswa) itu adalah tidak sama. Ada yang bertubuh besar, ada yang tidak.

Ini adalah karunia dari Tuhan Yang Mahaesa. Dan karena itulah manusia memang harus siap membantu.

Dalam kegiatan Studi Wisata kali ini, terlihat bahwa kegiatan membantu dengan ikhlas, dengan senang hati, tanpa rasa iri ini terlihat dari semangat murid-murid yang bertubuh besar yang membawa makanan / minuman / perlengkapan dalam doos / box sebagaimana terlihat dalam foto-foto di atas dan di bawah ini.







--------------------

Yang kedua adalah tentang persiapan dalam doa dan usaha nyata secara disiplin.

Para siswa-siswi sebelum berangkat Studi Wisata melakukan Doa Bersama dipimpin oleh guru / panitia pendamping.

Ini akan mengingatkan anak bahwa apapun rencana yang akan kita lakukan, semuanya harus didasari dengan doa.







Selain berdoa bersama, tentu saja harus ada usaha yang nyata sejalan dengan apa yang telah di-doa-kan.

Usaha nyata ini antara lain mengenai perencanaan yang baik. Dengan perencanaan yang baik, yang diumumkan kepada semua murid, maka kegiatan Studi Wisata akan berjalan dengan baik.


Pengalaman-pengalaman seperti ini ----- diawali dengan Doa Bersama, dilanjutkan dengan pengumuman yang merupakan sosialisasi dari apa saja yang telah direncanakan dengan baik ----- diharapkan memberikan wawasan dan pengalaman nyata bagi setiap anak bahwa seperti inilah yang disebut dengan melakukan kegiatan.



--------------------

Yang ketiga, adalah tentang meminta bantuan pihak lain.

Dalam kegiatan Studi Wisata ini, pihak sekolah / guru / panitia melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan pengawalan, supaya perjalanan bisa berjalan dengan lancar dan selamat.


Ada wawasan dan pengalaman yang didapat oleh anak, bahwa dalam mewujudkan apa yang sudah kita rencanakan, kita juga perlu melakukan koordinasi / meminta bantuan dari pihak lain, supaya bisa berjalan / berhasil dengan baik.

Ini akan membuat anak menjadi sadar, bahwa untuk bisa berjalan / berhasil dengan baik itu bukan hanya diperlukan yang penting aku begini atau begitu, tetapi juga diperlukan dukungan / bantuan dari pihak lain.

--------------------

Yang kempat adalah tentang tim pendukung untuk mengatasi hambatan teknis yang mungkin saja muncul.

Di sini, anak mendapatkan wawasan / pengetahuan bahwa ketika merencanakan untuk melakukan sesuatu, harus pula diperhitungkan munculnya kendala teknis yang tidak diduga, yang di luar kemampuan dan kemauan kita, yang mau tidak mau harus diatasi / dicarikan jalan pemecahannya.



Dalam Studi Wisata ini, ada satu mobil khusus yang berisi Supporting Team dari pihak perusahaan bis yang digunakan untuk kegiatan ini.





--------------------

Yang kelima adalah berkoordinasi / melakukan persiapan hingga di lapangan (bukan hanya konsep di atas kertas) dan hingga saat-saat pelaksanaan, sehingga secara detail dapat dirasakan bahwa semuanya memang sudah sesuai dengan apa yang direncanakan.


Kehadiran Bruder / Guru / Panitia / Orang Tua dalam kegiatan ini merupakan wujud nyata yang dapat dirasakan oleh anak bahwa semua pihak memang telah melakukan persiapan dengan sungguh-sungguh dan memberikan perhatian yang serius pada setiap tahap / proses kegiatan ini.









--------------------

Anak memang belajar bukan hanya dari buku / teori saja.

Anak juga belajar dari pengalaman-pengalaman nyata seperti persiapan dan pelaksanaan Studi Wisata ini. 

Adalah merupakan kewajiban bagi kita selaku orang tua untuk mengajak anak menggali lebih dalam tentang nilai-nilai yang dapat diambil hikmahnya / dipelajari supaya ketika anak harus melakukan suatu kegiatan, anak juga dapat meniru hal-hal yang baik ini.

--------------------

Selamat menemani anak.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa"

-----o0o-----

Foto dan tulisan oleh Constantinus.


CONSTANTINUS (pengelola HOLIPARENT) adalah lmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia nomor 03-12D-0922. Sarjana di bidang Ilmu Alam dan Sarjana di bidang Ilmu Sosial. Magister Manajemen di bidang Marketing, Praktisi Psikologi Industri & Komunikasi, dan Praktisi Perbankan.
 
 
  
www.holiparent.blogspot.com diterbitkan oleh "Holiparent Studio 89" (dahulu "Jantera Study 89") yang memberikan bimbingan & konsultasi untuk anak-remaja-dewasa tentang Article Writing & Scientific Photography for  Communication & Creativity Purposes. Bimbingan & konsultasi di Jalan Anjasmoro V no. 24 Semarang setiap Senin-Jumat pk. 18.00-21.00 (Minggu pagi khusus Scientific Photography - Outdoor).