Rabu, 24 Oktober 2012

BELAJAR FISIKA SAMBIL MAKAN DI RUMAH MAKAN : LILIN MEJA



Sabtu sore kemarin (20 Oktober 2012) setelah berenang di Kolam Renang "Oasis" Jalan Kompol Maksum Semarang, anak, istri, dan saya makan bersama di Rumah Makan "Mi Ramen" Jalan Singosari Semarang.

Sambil menunggu makanan yang kami pesan disajikan (karena harus dimasak dulu sebentar), anak dan istri saya asyik memandangi lilin meja yang menyala di atas meja makan kami.

Lilin meja itu terbuat dari minyak dan air (airnya berwarna hijau, terletak di bagian bawah; minyaknya terletak di atas air) yang diwadahi mangkuk kecil dari kaca berwarna putih.

Obrolan anak dan istri saya begitu asyik. Tentang berat jenis minyak yang lebih kecil dari berat jenis air, sehingga air selalu terletak di bawah minyak. (Istri saya yang bercerita tentang ini).

Juga tentang cahaya yang merupakan gelombang elektromagnetik yang dapat dilihat oleh mata. (Kali ini, anak saya yang bercerita kepada ibunya).

Saya sendiri kemudian nimbrung / ikut dalam obrolan anak dan istri saya. Saya bercerita tentang proses oksidasi yang menghasilkan api / panas, dan kaitannya dengan fisika molekuler.

Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth.,

Seperti halnya tulisan di blog ini edisi hari Minggu tanggal 21 Oktober 2012 mengenai belajar Gaya Archimedes yang dapat dilakukan sambil berenang di kolam renang (lebih praktis dan langsung dapat dipraktekkan), maka tulisan kali ini mengajak kita semua untuk mengajak anak untuk ngobrol tentang pelajaran sekolah sambil kita melakukan aktivitas sehari-hari.

Apa yang ingin disebarluaskan melalui tulisan ini adalah : anak bisa merasakan secara langsung dam mudah bahwa apa yang diajarkan di sekolah bukan semata-mata harus dihafalkan, namun semua itu secara nyata kita alami dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian anak dapat memiliki pengalaman dan sudut pandang bahwa pelajaran sekolah bukanlah beban yang harus dihafalkan, namun sesuatu yang praktis saja.

Selamat menemani anak.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa".

-----o0o-----

Foto dan tulisan oleh Constantinus.

CONSTANTINUS (pengelola HOLIPARENT) adalah lmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia nomor 03-12D-0922. Sarjana di bidang Ilmu Alam dan Sarjana di bidang Ilmu Sosial. Magister Manajemen di bidang Marketing, Praktisi Psikologi Industri & Komunikasi, dan Praktisi Perbankan.
 
 
  
www.holiparent.blogspot.com diterbitkan oleh "Holiparent Studio 89" (dahulu "Jantera Study 89") yang memberikan bimbingan & konsultasi untuk anak-remaja-dewasa tentang Article Writing & Scientific Photography for  Communication & Creativity Purposes. Bimbingan & konsultasi di Jalan Anjasmoro V no. 24 Semarang setiap Senin-Jumat pk. 18.00-21.00 (Minggu pagi khusus Scientific Photography - Outdoor).