Minggu, 26 Agustus 2012

KOLAM IKAN



Kolam ikan.... Sebagai lulusan Akuakultur / Perikanan Undip, saya (istri saya juga) sering prihatin kepada diri sendiri bahwa kami tidak pernah memelihara ikan, baik untuk dibudidayakan maupun untuk sekedar hiasan di akuarium. Toh, mata kami masih hijau kalau melihat laut, kalau melihat sungai, kalau melihat kolam ikan. Seperti ada kerinduan tersendiri....

----------

Salah satu tempat favorit kami (yang sering kami kunjungi, rata-rata 1 sampai 2 kali dalam seminggu) adalah Toko Buku Gramedia di Jalan Pandanaran Semarang. Sebab, selain berjualan buku (namanya juga toko buku !), di pekarangan depan toko ini juga ada kolam ikannya.

Dan, seperti sudah disebutkan di atas, mata saya dan istri saya selalu hijau   kalau melihat  kolam ikan (yang ini kolam ikan hias, bukan kolam ikan budidaya. Tetapi bagi kami sama saja : sama-sama sejuk untuk dinikmati). 


 Jadi, kami memang biasa duduk-duduk di tepi kolam ikan ini (gratis dan tidak dilarang). Bikin foto-foto juga. Dan tentu saja, anak saya ikut senang juga nongkrong di sini.

----------

Ketika kita berjalan-jalan, ada baiknya kita selalu melatih diri untuk peka dalam melihat-lihat ada objek / benda apa yang dapat digunakan sebagai alat peraga bagi kita untuk menjelaskan sesuatu pengetahuan kepada anak.


  Air mancur di kolam ikan. Selain untuk keindahan, juga berpengaruh pada kualitas air : menambah kadar oksigen terlarut dalam air.

Kolam ikan hias lengkap dengan air mancur dan water fall misalnya. Ini banyak terdapat di berbagai mall (juga di Toko Buku Gramedia - Pandanaran Semarang).


Water Fall pada dinding di atas kolam. Sama seperti air mancur yang terletak di tengah kolam, water fall ini juga berfungsi ganda : untuk keindahan dan untuk meningkatkan kadar oksigen terlarut dalam air kolam.
Sambil mengistirahatkan kaki dengan duduk-duduk di tepi / dekat kolam ikan ini, anak bisa dijelaskan bahwa ikan juga perlu oksigen untuk hidup (seperti halnya manusia), bahwa berbeda dengan manusia, ikan mengambil oksigen yang terkandung di dalam air yang disebut dissolved oxygen, bahwa kandungan dissolved oxygen di dalam air tergantung pada suhu, tekanan udara, biota yang ada di dalam air, dan juga water fall / air mancur / aerasi (water pump) / aliran air yang mengalir.


 Dengan demikian anak menjadi tahu bahwa air mancur dan water fall itu bukan sekedar hiasan saja, tetapi memang ada gunanya yang lain secara ekologi perairan, yaitu membawa oksigen yang tadinya berada di udara terbuka menjadi terjebak / terlarut di dalam air (menjadi dissolved oxygen) berbarengan dengan gemericik / grojogan air yang masuk ke dalam badan air di kolam itu.

Dengan demikian, anak akan bertambah pengetahuannya dan juga terbiasa berpikir lateral bahwa sesuatu itu bisa memiliki kegunaan yang lain selain kegunaan yang terlihat. Dalam kasus air mancur dan water fall kolam ikan hias tadi, selain berfungsi untuk keindahan, juga berfungsi secara ekologis yaitu meningkatkan kandungan dissolved oxygen.


Anak akan terlatih dan terbiasa untuk selalu menemukan dan mendisain lebih dari satu kegunaan dalam setiap kejadian. Anak akan terlatih dan terbiasa memiliki sudut pandang yang orisinil / kreatif  yang melengkapi (bukan meniadakan / menentang) pendapat / sudut pandang yang sudah ada / sudah dipakai selama ini.

----------

Selamat menemani anak.

Selamat menemani anak dengan contoh-contoh / alat peraga nyata yang ada di sekitar kita, sehingga anak memiliki ketrampilan dan kebiasaan untuk senantiasa mencari dan menemukan makna / nilai / value lain dari yang selama ini sudah diketahui. Anak akan diakui sebagai orang yang kreatif.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa".

-----o0o-----

Constantinus Johanna Joseph adalah Sarjana di bidang Ilmu Alam dan Ilmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia dengan nomor 03-12D-0922. Sarjana di bidang Ilmu Sosial, Magister Manajemen di bidang Marketing, Praktisi Psikologi Industri, dan Praktisi Perbankan.