Jumat, 06 Juli 2012

MENEMANI ANAK untuk MENGAPRESIASI ORANG LAIN


Ketika sedang jalan-jalan ke Toko Buku Gramedia Jalan Pandanaran Semarang hari Kamis tanggal 5 Juli 2012 sekitar pukul 20.00, terlihat ada kelompok band yang sedang tampil di "panggung darurat" di teras toko itu.

Mereka bermain band cukup bagus, artinya bisa menghibur para pengunjung Toko Buku Gramedia malam itu, meski dengan sound system yang ala kadarnya.

Memang, tujuan kami (anak saya yang naik kelas VIII alias kelas II SMP, istri saya, dan saya) adalah membeli buku. Tetapi pada saat melihat ada pentas band di situ, kami (dan juga beberapa pengunjung lainnya) meluangkan waktu sejenak untuk menyaksikan pentas band itu.

Bahkan, beberapa pengunjung (termasuk saya) mengabadikan pentas band ini dengan memotret mereka. Ada yang pakai kamera handphone. Ada yang pakai kamera saku digital. Saya sendiri membawa kamera digital saya yang memang ke mana saja selalu saya bawa.  

Dan, setelah selesai memainkan satu buah lagu, kami (dan sebagian pengunjung lainnya) bertepuk tangan sebagai apresiasi kepada para pemain band itu yang telah menghibur para pengunjung secara gratisan.

------------------

Apa yang diceritakan di sini adalah tentang bagaimana menemani anak dan mengajak anak untuk mengapresiasi usaha (karya) orang lain. Bahkan, ketika orang lain itu tidak kita kenal.

Meskipun sebenarnya kita datang ke situ untuk membeli buku, kita sengaja mengajak anak kita untuk sejenak meluangkan waktu menonton band yang pentas ini satu atau dua lagu saja, memotret mereka, membiarkan para pemain band merasa bahwa mereka ditonton oleh kita yang menghargai permainan mereka, dan setelah itu bertepuk tangan setelah mereka selesai memainkan sebuah lagu.

Anak dengan demikian akan belajar secara praktis untuk berinteraksi dengan orang lain. Anak juga belajar untuk meluangkan waktu dan perhatian untuk menghargai usaha orang lain (permainan band), meskipun permainan itu sebenarnya pas-pasan saja. Anak kita ajak untuk belajar tidak mencela, dan menghargai usaha orang lain.

--------------------

Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak sekalian yang saya hormati,

Blog ini memang terutama ditujukan untuk menemani anak ketika mereka masih SD dan SMP. Dan sesuai dengan ilmu kejiwaan (psikologi) yang saya pelajari, apa yang dipelajari / didapatkan oleh anak pada masa kecilnya akan berkelanjutan (kontinum) dengan masa-masa selanjutnya. Hingga dia jadi dewasa. Bahkan hingga masa tuanya nanti.

Setelah bekerja dalam bidang yang terkait dengan marketing dan layanan konsumen selama 13 tahun, saya dalam 10 tahun terakhir ini bekerja sebagai konsultan dan praktisi manajemen sumber daya manusia di berbagai perusahaan. Dan ada satu hal yang saya alami dalam 23 tahun pekerjaan saya yang selalu berhubungan dengan manusia itu : bahwa orang yang punya kemampuan berinteraksi dengan orang lain, yang meluangkan waktu untuk memberikan perhatian kepada orang lain, yang memberikan apresiasi pada usaha (bukan hanya hasil) orang lain, akan memiliki banyak teman dan dengan demikian memiliki kemungkinan untuk sukses di pekerjaan / bisnis yang lebih besar, karena ketika dia menghadapi masalah maka banyak temannya yang dengan senang hati mau dimintai tolong / mau membantu. 

Selamat menemani anak.
Selamat mengajak anak untuk meluangkan waktu dan mengapresiasi orang lain.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa".

-----o0o-----

  • Foto dan tulisan oleh Constantinus. Ilmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia nomor 03-12D-0922. Sarjana di bidang Ilmu Alam dan Sarjana di bidang Ilmu Sosial.