Minggu, 02 Desember 2012

HARI ANTI AIDS





Saya sedang jalan-jalan pagi di seputar Simpang Lima Semarang hari ini (Minggu, 2 Desember 2012) ketika tiba-tiba didatangi seorang wanita muda yang memberikan stiker dan pita merah. "Silakan, Pak. Ini kampanye Hari Anti Aids," katanya ramah.

Namanya Dian, mahasisiwi Program Promosi Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro semester I. 

"Kampanye ini berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa yang dapat terkena penyakit HIV-AIDS bukan hanya para bapak-bapak yang suka 'jajan' tetapi juga para istri dan bahkan anak-anak dari bapak-bapak tersebut," jelas Dian lebih lanjut.





--------------------




KOMISI PENANGGULANGAN AIDS - PROVINSI JAWA TENGAH
Jalan Tumpang Raya no. 84 Semarang
Telp/Fax 024 850 7750
http://www.aidsjateng.or.id
e-mail : kpaprovjateng@yahoo.co.id




Apa yang dilakukan oleh Dian (dan juga sukarelawan lainnya) ini patut kita hargai dan kita dukung. Tentu saja, kita tidak harus berkotbah kepada orang lain. Tetapi setidaknya, kita dapat secara nyata memulai hidup sehat dari diri kita, keluarga kita, dan juga lingkungan kita. 




"Apabila ada orang di sekitar kita yang beresiko tinggi kena HIV-AIDS, sekarang ini juga dapat dilakukan deteksi dini di klinik VCT terdekat," jawab Dian ketika ditanya tentang program apa yang secara nyata dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. "Sekarang ini sosialisasi-sosialisasi memang masih banyak lewat jalur-jalur pendidikan".



--------------------

Mungkin tulisan ini memang tidak secara langsung "nyambung" dengan inspirasi pendidikan kreatif www.holiparent.blogspot.com. Tetapi sebagai blog yang pada dasarnya mengkampanyekan pendampingan anak dalam arti seluas-luasnya, informasi tentang Kampanye Hari Anti HIV-AIDS ini tidak ada salahnya ditulis di sini. Setidaknya, wawasan kita bersama jadi tambah luas, sehingga dapat menemani anak dengan lebih baik lagi.

Selamat menemani anak.

"Menemani Anak, Mencerdaskan Bangsa".

-----o0o-----

Foto, video, dan tulisan oleh Constantinus Johanna Joseph.