Minggu, 25 November 2012

GAYA BELAJAR


Gaya belajar itu bisa bermacam-macam. Dan tiba-tiba saja saya jadi ingat anak-anak kucing yang sedang belajar melepas tali sepatu (?). Mereka menikmatinya... Jadi, bagaimana kalau kita mendukung anak kita supaya mereka bisa belajar dengan gaya mereka sendiri...yang mengasyikkan ?


Saya masih ingat, sewaktu saya masih SD kelas 5 atau 6, ibu saya terlihat senang kalau saya menonton televisi (waktu itu hanya ada TVRI dan TPI saja). Beliau akan berkata, "Menonton tivi itu baik juga...jangan belajar terus...nanti otak bisa terlalu panas...". Padahal, saya menonton televisi sambil lalu saja, karena hal itu saya lakukan sambil....belajar !

Saya memang ketika itu (masih SD) senang belajar. Biasanya, saya belajar di teras rumah saya ketika sore hari, di Jalan Sriwijaya 132 Semarang, sambil melihat mobil dan sepeda motor yang berlalu-lalang di depan rumah (rumah saya letaknya lebih tinggi dari jalan raya).

Kalau malam, saya bisa belajar di mana saja di dalam rumah, tidak harus di dalam kamar saya. Biasanya sambil mendengarkan siaran radio. Atau sambil nonton televisi !

Ya, benar ! Saya belajar sambil menonton siaran televisi, tetapi karena fokus pada buku pelajaran, saya tidak tahu apa sebenarnya siarannya.

Pokoknya, saya kalau belajar harus ada iringan-nya : entah radio, entah televisi, boleh juga lagu dari kaset. Saya tidak bisa belajar kalau suasana sunyi senyap. Ini saya lakukan sampai SMA, bahkan sampai kuliah.

Sudah dapat diduga, kalau menghafal, saya harus sambil mengucapkannya keras-keras. Sambil jalan-jalan mondar-mandir di dalam rumah juga. Kalau tidak begitu, apa yang dibaca tidak bisa segera masuk / hafal di dalam otak.

Bahkan, sebagai pemanasan sebelum mulai belajar, saya juga berjalan kaki ke toko buku Sumber Agung di Jalan Sompok Semarang yang saya tempuh dengan berjalan kaki. Pulang pergi sekitar 30 menit. Saya membeli bolpoin, penghapus, penggaris, atau apa saja. Pokoknya, badan ini harus bergerak. Setelah itu, baru siap belajar / menghafal.

--------------------

Itu memang sekelumit cerita tentang cara belajar yang saya lakukan sejak kecil. Tentu saja, ketika SMP, SMA, kuliah, gaya belajar saya tidak sama persis dengan ketika masih SD. Ada periode ketika saya tidak lagi jalan mondar-mandir ketika menghafal, yaitu ketika saya sudah mahasiswa S-1 maupun S-2. Alasannya sederhana saja : sudah berumur. Kalau jalan mondar-mandir, menuh-menuhin rumah ! Sebagai gantinya, saya banyak membuat sketsa tulisan / bagan ringkasan materi yang saya hafalkan. Tidak jarang, saya tulis di... dinding kamar saya ! Kalau saja H. Rhoma Irama, pimpinan Orkes Melayu Soneta tahu hal ini, bisa jadi beliau akan berkata, "Terlalu....!" (dengan nadanya yang sangat khas).

--------------------

Saya hanya mau men-sharing-kan pengalaman (dan keyakinan) saya bahwa gaya belajar itu bisa dan boleh bermacam-macam, yang penting hasilnya bagus. Penuh Konsentrasi. Tentu saja, jangan mengganggu ketertiban umum / mengganggu ketertiban orang lain.

Tetapi sewaktu masih jadi Guru Les Privat Matematika dan IPA, saya memang menganjurkan murid saya untuk menyiapkan sebelum belajar  kopi / teh yang akan diminum selama belajar, juga menyediakan sebelum belajar makanan kecil yang akan dijadikan cemilan sewaktu belajar. Jangan sampai di tengah-tengah kegiatan belajar, konsentrasi belajar terganggu karena harus bikin kopi / teh atau pergi belanja makanan kecil di warung. Benar, saya memang membeli bolpoin atau penghapus atau penggaris atau apa saja yang lain di toko buku Sumber Agung untuk pemanasan sebelum belajar. Tetapi itu saya lakukan sebelum saya mulai belajar. Itu saya lakukan sebagai pemanasan fisik. (Mendengarkan radio atau menonton televisi pun juga saya lakukan sejak awal proses belajar, dengan konsentrasi pada belajar, bukan pada radio atau televisi. Kalau sedang proses belajar lalu di tengah-tengah proses itu menonton televisi, ya jelas televisinya yang menjadi fokus konsentrasi alias konsentrasi belajarnya jadi hilang).

--------------------

Ada cerita lain lagi. Anak saya kalau belajar juga unik. Dia sekolah dari jam 07.00 sampai jam 15.00-an (termasuk kegiatan ekstra kurikuler), biasanya ketika pulang dia melepas penat dengan bermain piano sekitar 30 menit. Setelah itu...dia makan siang (padahal sudah sore) sambil membaca buku pelajaran buat besok pagi / untuk mengerjakan PR pelajaran besok....sampai akhirnya tertidur. Biasanya, dia bangun sekitar pukul 18.00 untuk mandi, kemudian kadang belajar, kadang.....tidur lagi ! Teman-temannya yang menelepon ke rumah saya rasa ada yang cukup heran : setiap kali ditelepon sekitar jam 19.00an, bisa jadi anak saya sedang tidur !

Memang, anak saya sudah terbiasa menentukan jam belajarnya sendiri : bangun sekitar jam 21.00, kemudian belajar. Biasanya sampai jam 24.00 atau 01.00, untuk kemudian tidur (atau tertidur...karena seringkali masih lengkap dengan atribut kaca mata minus, buku dan bolpoin di tangan...).

Saya tahu benar karena saya juga terbiasa menulis artikel sampai pagi / dinihari.

Lalu, seringkali (kalau memang belajar / PR-nya belum selesai), anak saya bangun sendiri dari tidurnya sekitar jam 02.30 atau 03.00, untuk kemudian belajar sampai...jam 05.30-an...sampai waktunya dia mandi pagi, mengemasi buku / menata tas sekolah, sarapan, dan...berangkat sekolah.

Hore....! Hari baru telah tiba ! (Dan sudah tidak tidur semalaman).

--------------------

"Anak belajar dengan pola unik seperti itu karena disuruh, Pak ?" tanya seorang teman kepada saya, ketika sedang berdiskusi tentang gaya / waktu belajar anak, dan saya memberikan contoh gaya belajar anak saya.

Disuruh sih tidak, tetapi menirukan gaya belajar saya, iya. Sebab saya biasa tidak tidur semalaman untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah...sampai usia saya yang sudah 40 tahunan ini. Atau, bisa jadi karena faktor genetis juga. Jadi, selain proses belajar sosial (begitu teman-teman Psikolog bilang), juga bisa karena faktor genetis atau sifat menurun. Guru Biologi saya di Kolese Loyola, Pak Untaryoto, dulu mengajarkan kepada saya bahwa itulah yang disebut fenotip, yaitu genotip ditambah faktor lingkungan.

"Tidak. Saya bahkan tidak bilang dia harus belajar berapa jam," jawab saya. "Paling saya hanya bertanya, besok ulangan apa, materinya tentang apa, dan ada PR apa saja".

"Jadi, Pak Tinus tanya tentang materi ulangan dan PR juga?"

"Ya. Saya juga setiap hari bertanya, tadi ulangan pelajaran anu bagaimana (saya sudah tahu tadi ulangan apa karena malam sebelumnya sudah bertanya), ulangan apa yang dibagikan hasilnya... Tetapi anak biasanya yang cerita dengan sendirinya... Saya cuma memancing saja..."

"Bapak memeriksa PR yang dikerjakan anak?"

"Tidak. Tetapi kalau anak bertanya tentang bagaimana cara mengerjakan PR nomor-nomor tertentu karena anak tidak tahu, saya membantu mengerjakannya...jam berapapun...termasuk jam 04.00 atau jam 05.00...," jawab saya. "Kalau saya tidak tahu, saya bilang tidak tahu jawabannya. Misalnya PR Sejarah... Tetapi setidaknya, saya siap dibangunkan jam berapapun untuk menemani anak belajar...dan karena itu anak tidak perlu disuruh-suruh belajar...karena sudah muncul kesadaran tentang perlunya belajar...".

--------------------

Beberapa hari yang lalu anak saya ada tugas dari sekolah untuk membuat sinopsis novel. Dia mengerjakannya berhari-hari. Dan ketika esok paginya harus dikumpulkan, dia memilih untuk tidak tidur semalaman...sampai pagi...sampai tugas itu selesai...dan langsung berangkat sekolah.

Saya, seperti biasa, menemaninya....sambil menulis artikel untuk blog dan beberapa media massa. Sepanjang malam. Sampai pagi.

“Begadang jangan begadang...kalau tiada artinya... Begadang boleh saja...kalau ada perlunya...,” begitu kata H. Rhoma Irama dalam lagunya yang sangat terkenal : Begadang. Entah, tiba-tiba saja saya jadi ingat lagu yang sangat populer ketika saya masih SD dulu. Populer sampai sekarang ! (Di youtube.com, saya melihat group band luar negeri menyanyikan lagu ini! Ada-ada saja....)

--------------------

"Belajar itu bukan hanya melatih kemampuan kognitif / otak, tetapi juga keuletan dan ketekunan...daya tahan tubuh dan kemampuan mengatasi rasa bosan / ingin menyerah," kira-kira begitulah cerita saya kepada anak, ketika dia masih SD.

Ini memang saya ceritakan kepada anak, supaya anak mempunyai daya juang tinggi dalam belajar, bukan asal mendapat nilai baik saja. Tentu saja, mencontek tidak termasuk keuletan yang saya rekomendasikan.

Dan, tentu saja saya juga harus berani memberikan contoh menjalani itu semua dalam belajar sekaligus menemani anak.

---------------------

"Apa anak saya sebaiknya juga pakai gaya seperti itu, Pak ?" tanya teman saya itu.

"Jangan. Ini gaya belajar yang ekstrim, yang radikal. Jangan ditiru. Tetapi temani anak menemukan gaya belajarnya sendiri," jawab saya. "Siapa tahu lebih ekstrim dan lebih radikal. Boleh saja. Yang penting cocok dan bisa dinikmati anak, hasilnya baik, dan tidak mengganggu ketertiban umum".

--------------------

Selamat menemani anak.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa".

-----o0o-----

Terima kasih atas kunjungan Anda di 
www.hukumdanpsikologi.blogspot.com 
(Blog Hukum dan Psikologi untuk Dunia Kerja / Bisnis)

www.hukumdanpsikologi.blogspot.com
akan terbit lagi
Senin 26 Nopember 2012
 (terbit setiap hari kecuali Minggu dan Hari Libur Nasional)

Untuk membaca, silakan klik tombol di kanan atas