Minggu, 20 Mei 2012

(Kamera) HP SEBAGAI ALAT UNTUK DEKAT & BERKREASI DENGAN ANAK (Membuat Foto Artistik - Humanis dengan Kamera HP)

"SAMSON SUPER - Penjual Nasi Ayam"
Menemani anak untuk menumbuhkembangkan kreativitasnya dapat dilakukan secara sederhana. Misalnya, sambil jalan-jalan di hari Minggu pagi. Pada saat sarapan Nasi Ayam, kita sebagai orang tua dapat menemani anak untuk memotret Sang Penjual. Setelah itu, mengajaknya ngobrol sana-sini. Maka, anak akan belajar untuk berani berkomunikasi dengan orang lain.
(Foto oleh Constantinus, dengan kamera HP 3,2 MP - Samsung Omnia Pro B7320 yang sudah berumur 2 tahun lebih. Tim Holistic Parenting sedang mengembangkan percontohan memotret dengan kamera HP apa adanya ----- tidak dengan kamera digital khusus, apalagi yang mahal ----- dengan tujuan Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak termotivasi untuk ikut melakukan "berburu foto" bersama anak dengan menggunakan kamera HP yang sudah ada. Praktis dan hasilnya lumayan artistik). 

Sejak blog ini ramai dikunjungi Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak yang bersemangat untuk menemani anak-anaknya dalam berkegiatan kreatif, semakin banyak pula pertanyaan tentang contoh yang praktis dan mudah yang dapat dilakukan. Itulah sebabnya kami dari Tim Holistic Parenting akhir-akhir ini hanya menggunakan kamera HP apa adanya untuk memotret, dengan tujuan supaya Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak pun dapat melakukan kegiatan berburu foto menggunakan kamera HP yang sudah dipunyai Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak. Jadi, tidak perlu membeli kamera digital yang bagus dan mahal, lho !

 "HANYA BISA MENUNGGU"
Foto oleh Agatha (Tim Holistic Parenting) menggunakan kamera HP Black Berry Gemini. Sederhana dan humanis. Foto ini diambil pada saat Agatha (siswi kelas VII SMP Pangudi Luhur Domenico Savio) pulang sekolah. Dengan ditemani orang tua, bahkan saat pulang sekolah pun bisa digunakan untuk berburu foto yang artistik dan humanis.

 "KESIBUKAN DI LAWANG SEWU"
Ini juga merupakan contoh hasil berburu foto di saat pulang sekolah. Ibu - Bapak - Anak bergantian memotret objek-objek yang kebetulan ada, dengan kamera HP seadanya. Foto diambil oleh Susana dengan kamera HP Black Berry Gemini. Cukup artistik. Yang penting bisa menemani anak memotret di sela-sela waktu pulang sekolah.

Tentu saja, apabila Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak kebetulan sudah memiliki kamera digital yang bagus dan profesional, maka kamera itu pun bisa dipakai untuk menemani anak dengan melakukan kegiatan kreatif yaitu berburu foto. Syaratnya, orang tua harus merelakan kameranya yang mahal untuk dipakai oleh anak. Apabila orang tua merasa khawatir kalau kameranya (yang mahal) rusak / jatuh ketika dipinjamkan kepada anaknya, maka lebih baik Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak menggunakan kamera HP saja. Jangan sampai Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak memotret dengan kamera yang canggih dan bagus / mahal, tetapi anaknya hanya boleh menggunakan kamera biasa (atau bahkan cuma jadi penonton). Kalau seperti itu, namanya bukan menemani anak, tetapi justru membuat jarak dengan anak (walaupun secara fisik mereka jalan-jalan bersama!).

 "PROPERTI KEHIDUPAN"
Foto oleh Agatha (siswi kelas VII SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang, Tim Holistic Parenting). Diambil menggunakan kamera HP Black Berry Gemini di sela-sela perjalanan pulang sekolah. Cukup artistik dan humanis.

 "BECAK SAMPAH"
Foto oleh Agatha. Diambil dengan kamera HP Black Berry Gemini pada saat pulang sekolah. Artistik dan memupuk kepedulian sosial & lingkungan.


"DI TERAS RUMAH"
Foto ini diambil dengan kamera HP Nexian G-900 yang sudah berumur 3 tahun lebih. Meskipun ada keterbatasan dalam hal ketajaman lensa kamera, tetapi dengan latihan yang rutin dapat diperoleh foto yang artistik juga. Yang penting, dengan kamera HP yang seadanya, orang tua tetap dapat menemani anaknya untuk berkreasi, menghasilkan foto yang artistik.
(Foto diambil oleh Constantinus dari Tim Holistic Parenting). 


Jadi, gunakan (kamera) HP Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak sebagai alat untuk menemani dan berkreasi bersama anak. Tidak perlu kamera HP yang mahal-mahal. Yang seadanya saja. Objek fotonya juga tidak usah yang sulit-sulit.Kita potret saja yang ada di dekat kita.

Selamat menemani anak.
Selamat menumbuhkembangkan kreativitas dan jiwa seni anak. 
"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa".

-----o0o-----